Pendidikan

Pendidikan Karakter Wajib Jadi Prioritas Pembangunan di Kabupaten Lumajang

55
×

Pendidikan Karakter Wajib Jadi Prioritas Pembangunan di Kabupaten Lumajang

Sebarkan artikel ini
Pendidikan Karakter
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, H. Akhmad, S.T., saat menerima penghargaan

BERITABANGSA.ID-LUMAJANG – Pendidikan karakter mengharuskan dan mewajibkan semua lembaga satuan pendidikan untuk dijadikan prioritas pembangunan di Kabupaten Lumajang.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, H Akhmat, saat memberikan sambutan di hadapan ratusan siswa-siswi, sebelum menonton film Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Jo Sahabat Sejati, Selasa (17/1/2023).

Scroll untuk melihat berita

Diterangkan H Akhmat, ada sejumlah modul yang bisa digunakan, seperti modul kesenian dan tata karma Jawa yang mengajarkan perilaku dan sopan santun, modul Pancasila berisi pendidikan bagaimana anak didik dituntut dan selalu menerapkan kegotong-royongan dan modul kemataraman.

“Harapan kami, dari pendidikan karakter, nantinya para anak didik dapat membaca Alquran, hafal doa-doa dan memiliki tata karma yang baik, baik kepada guru, orang tua atau terhadap sesame,” katanya kepada media ini.

Hal ini, diutarakan politisi PPP, sangat dibutuhkan keterlibatan para pihak dalam hal penerapan pendidikan karakter sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang bisa menganggarkan hal ini demi peningkatan pendidikan karakter anak dan menjadikan Lumajang lebih bermartabat,” jelas wakil rakyat asal Kecamatan Jatiroto ini.

Berdasarkan Pasal 6 Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017, dinyatakan penyelenggaraan PPK pada Satuan Pendidikan jalur Pendidikan Formal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 huruf a angka 1 dilakukan secara terintegrasi dalam kegiatan Intrakurikuier, Kokurikuler dan Ekstrakurikuler.

“Mudah-mudahan dengan adanya Perpres Nomor 87 Tahun 2017 ini, kita terus gaungkan seantero negeri ini dan menerapkan semaksimal mungkin dalam kehidupan sehari-hari, hal ini akan lahir sinergitas dan penguatan rasa tanggung jawab terus pemerintah terhadap pembentukan karakter bangsa ini terutama pada dunia pendidikan guna meraih cita-cita bangsa yang makmur, berkeadilan, sejahtera sesuai harapan semua elemen bangsa,” paparnya.

Mantan Ketua DPC PPP Kabupaten Lumajang ini, berharap nantinya, lulusan SMPN 1 Sukodono menjadi generasi penerus bangsa yang hebat dan bermartabat.

Sementara itu, Kepala Sekolah (KS) SMPN 1 Sukodono, Edy Purwanto, S.Pd, kepada media ini juga menyampaikan kalau pihaknya sangat berterima kasih atas penganugerahan yang diberikan pihak penyelenggara PPK ini.

“PPK ini sangat diperlukan dan dibutuhkan bagi siswa siswi dalam pembentukan karakter mereka pribadi,” ungkapnya kepada wartawan.

Dalam acara tersebut juga ada pemberian penghargaan dari penyelenggara PPK melalui media film, kepada Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, H Akhmat, ST, sebagai Pembicara.

Dan penghargaan diberikan dari pengelola cinema di Kabupaten Lumajang, Sulaiman kepada KS SMPN 1 Sukodono, Edy Purwanto, S.Pd, sebagai Peserta Terbanyak, berjumlah 840 orang.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *