Humanity

Natal di GKJW Mojowarno Jombang Kental Budaya Jawa

173
×

Natal di GKJW Mojowarno Jombang Kental Budaya Jawa

Sebarkan artikel ini
GKJW
Tampak di Gereja Kristen Jawi Wetan Mojowarno, Jombang, ketika peribadatan hari Natal berlangsung. Foto : Faiz

BERITABANGSA.COM-JOMBANG – Peribadatan umat Kristen di Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW), tertua di Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, begitu kental nuansa budaya adat Jawa.

Ibadah natal di GKJW Mojowarno ini, dimulai pada Minggu (25/12/2022) pagi.

Scroll untuk melihat berita

Pantauan di lokasi, ribuan jemaat yang mengikuti ibadah didominasi pakaian batik. Kain batik pun juga bisa dilihat dari ornamen yang dipasang di tiap tempat ibadah.

Tak hanya itu, bahasa yang digunakan pendeta menyampaikan khotbah Natal juga memakai bahasa Jawa Krama Inggil (Bahasa Jawa Halus,Red).
Pun juga pengantar khotbahnya memakai bahasa Jawa.

Pendeta GKJW Mojowarno, Muryo Djajadi, mengatakan jika perayaan Natal sengaja dikentalkan dengan adat budaya Jawa. Selain bermaksud untuk tetap melestarikan budaya, juga jemaat setempat sebagian besar kesehariannya memakai bahasa Jawa dalam berkomunikasi.

“Perayaan Natal 2022 pasca pandemi, kita kemas dengan satu acara dengan konsepnya berbasis kepada budaya Jawa. Seperti misa natal tadi malam, kita kolaborasi dengan musik tradisional gamelan dan wayang kulit. Pada peribadatan saat ini dari jemaat rata-rata pakai pakaian batik. Sementara bahasa pengantarnya, semua pakai bahasa Jawa. Hal ini untuk menanamkan bagi kami maupun generasi muda, agar cinta dan terus melestarikan budaya Jawa,” ujarnya.

Tema yang diangkat yakni Tuhan datang, memulihkan keadaan.

Muryo Djajadi menjelaskan dari tema tersebut diharapkan, keadaan di Indonesia maupun persekutuan warga dan jemaat bisa dipulihkan melalui Natal.

“Baik dipulihkan ekonominya, pekerjaannya, kesehatan dan segala urusan lainnya dipulihkan oleh Tuhan,” jelasnya.

Masih pantauan di lokasi, acara peribadatan di GKJW Mojowarno ini berlangsung hikmat dan lancar.

Dari gerbang masuk tempat ibadah, dipadati sejumlah petugas dari TNI Polri. Mereka menjaga ketat bagi setiap orang, yang hendak memasuki Gereja.

Sebagian petugas dalam berjaga melengkapi dengan senjata. Jika ada yang terlihat mencurigakan, akan digeledah jemaat akan digeledah.

Sekitar pukul 10.00 WIB, rangkaian perayaan Natal di GKJW Mojowarno berakhir lancar dan tertib.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *