Seni Budaya

Viral Candi Jabung di Probolinggo, Peninggalan Majapahit

262
×

Viral Candi Jabung di Probolinggo, Peninggalan Majapahit

Sebarkan artikel ini
Candi Jabung
Candi Jabung di Kabupaten Probolinggo, yang merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit yang banyak didatangi masyarakat

BERITABANGSA.COM – PROBOLINGGO – Indonesia adalah negara yang memiliki sejarah peninggalan kerajaan masa lalu dan banyak ditemukan di pelosok. Peninggalan kerajaan biasanya berupa prasasti hingga Candi. Salah satunya Candi Jabung di Kabupaten Probolinggo ini.

Candi Jabung terletak di Desa Jabung, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Kurang lebih 5 km ke arah timur dari Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

Scroll untuk melihat berita

Candi Jabung adalah peninggalan kerajaan Majapahit, tepatnya di masa pemerintahan Raja Prabu Hayam Wuruk.

Pasca keruntuhannya, Kerajaan Majapahit meninggalkan sejumlah peninggalan seperti buku, prasasti, budaya, hingga candi di seluruh Jawa.

Dalam Kitab Nagarakertagama dijelaskan secara rinci tentang perjalanan hidup Raja Hayam Wuruk dan bagaimana Candi Jabung dibangun di masa pemerintahannya.

Menurut Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur, Candi Jabung ini bersifat Buddha Mahayama (Budha Mahayana adalah salah satu aliran utama agama Budha) meskipun di sisi tenggaranya terdapat relief Sri Tanjung.

Kitab Pararaton juga menyebutkan bahwa bangunan ini digunakan sebagai Pendharmaan Raden Sumana dengan nama bangunan Bajrajinaparamitapuri.

Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur juga merinci bagian-bagian dari Candi Jabung ini, terdiri dari tiga bagian, yaitu kaki, badan, dan atap.

Candi Jabung terbentuk dari batu bata merah dan memiliki ukuran kurang lebih 14×10 meter dan tinggi kurang lebih 16 meter. Candi diperkirakan berdiri pada 1354 Masehi.

Keberadaan Candi Jabung, menjadi daya magnet tersendiri bagi masyarakat. Banyak dari mereka yang meluangkan waktu untuk berlibur.

Mereka mendatangi Candi Jabung untuk berfoto ria. Apalagi, Candi ini juga sangat instagramable bagi penggila media sosial.

Tohari, warga setempat Rabu, (28/12/2022) mengunjungi Candi Jabung. Dia dan beberapa temannya sengaja mampir. Ia penasaran dengan Candi Jabung dari media sosial.

“Tahunya dari Instagram Mas, kok bagus akhirnya saya kesini. Ini nanti mau ke Pasuruan makanya sekalian mampir,” ucap warga Situbondo ini.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *