Wakil Ketua TP PKK Jember Dorong PKK Desa Curahlele Tekan Stunting

TP PKK
Wakil Ketua TP PKK Jember, Ning Vita memberikan arahan pencegahan stunting kepada PKK Desa Curahlele

BERITABANGSA.COM – JEMBER – Wakil Ketua TP PKK Jember, Hajjah Ervita Afdila Sari melakukan monitoring dan evaluasi (monev) program Sehat Lestari Berencana di Desa Curahlele Kecamatan Balung, Kamis 10 November 2022.

Di sini, istri Wakil Bupati Jember tersebut mendorong para anggota PKK Desa Curahlele untuk terus menekan angka kematian ibu dan angka kematian bayi (AKI-AKB) serta stunting.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Prokopim Jember Gelar Pelatihan MC untuk Buka Peluang Kerja
banner 1024x1453

Caranya dengan memberikan pendampingan secara serius bagi setiap warga yang hamil.

“Pencegahan stunting sejak dini. dapat dilakukan dengan pendampingan saat hamil, melahirkan, hingga 1.000 hari pertama kehidupan bayi,” kata Ning Vita.

Selain itu, makanan dengan nutrisi yang cukup juga berperan penting bagi ibu hamil dan menyusui. Ia menegaskan, makanan dengan nutrisi yang baik dan cukup, tidak selalu berasal dari makanan yang mahal.

Menurutnya, nutrisi yang baik dapat diperoleh dari makanan sehari-hari asalkan ada keseimbangan. Baik dari protein, karbohidrat, dan lemaknya.

Ning Vita juga mendorong agar PKK Desa Curahlele mengarahkan masyarakat agar terbiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari mereka. Utamanya memasuki musim hujan ini, saluran irigasi harus dipastikan tidak tersumbat.

Berita Menarik Lainnya:  Kapolres Pasuruan Ikuti Vidcon Penutupan Program Jambanisasi di Desa Rembang

Sementara itu, Ketua TP PKK Desa Curahlele Mar’atus Sholihah menyampaikan beberapa program yang telah dilaksanakannya di antaranya mewujudkan setiap rumah warga mempunyai tanaman pekarangan rumah, baik berupa pohon buah-buahan, sayuran dan toga.

“Dengan adanya tanaman pekarangan maka akan berdampak pada penghematan pengeluaran, misal menanam cabai maka tidak perlu lagi beli cabai, begitu juga sayuran, ini pula akan terbentuk ketahanan pangan lokal,” ujar Mar’atus Sholihah.

Berita Menarik Lainnya:  Nelayan Kecil di 4 Kecamatan Demo Tolak Alat Tangkap Jaring Selerek

Ia juga mengaku, PKK Desa Curahlele melakukan inovasi dengan membuat produk abon dan dimsum dari ikan segar. Menurutnya, inovasi dengan bahan utama ikan tersebut memiliki banyak gizi yang bagus bagi kesehatan, terutama bagi ibu hamil.

“Terima kasih kepada Ibu Wakil TP PKK Jember atas segala arahannya kepada kami dan kami bertekad untuk terus lebih baik lagi melayani masyarakat desa kami, utamanya dalam pencegahan stunting,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *