Sosial

Ratusan Pelajar Lintas Agama di Jombang Tanam Pohon Toleransi di Haul Gus Dur

94
×

Ratusan Pelajar Lintas Agama di Jombang Tanam Pohon Toleransi di Haul Gus Dur

Sebarkan artikel ini
lintas AGAMA GUS DUR
Tampak cara sejumlah pelajar di Jombang, dalam memperingati Hari Toleransi dan Haul Gus Dur 2022. Foto : Faiz

BERITABANGSA.COM-JOMBANG – Ratusan pelajar lintas agama merindukan sosok Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Bapak toleransi ini menjadi Presiden RI IV , yang diidolakan masyarakat lintas agama.

Terbukti ratusan siswa lintas agama dan etnik di lapangan Klenteng Gudo, Jombang, Jawa Timur, Rabu (16/11/2022) siang, melakukan aksi tanam pohon toleransi untuk memperingati Hari Toleransi dan Haul Gus Dur.

Scroll untuk melihat berita

Penanaman pohon toleransi ini menggunakan sisi tepi lahan lapangan setempat. Terdapat 150 pelajar yang antusias mengikuti kegiatan ini

Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Jombang, Toni Harsono misi aksi lintas agama untuk mengajak spirit kebersamaan dan toleransi.

“Wujud memperingati Hari Toleransi dan Haul Gus Dur, kita bangun kebersamaan, pluralisme, dan toleransi. Tadi ada pengenalan lintas agama menanam pohon juga,” ujar Toni Harsono kepada Beritabangsa.com.

Lanjut Toni, kegiatan itu tidak lepas dari peran Gus Dur selama ini. Gus Dur merupakan bapak toleransi, merangkul semua umat beragama, dan sering membela kaum tertindas.

“Kami sangat-sangat merindukan beliau dengan segala perannya. Bagi saya sendiri, Gus Dur adalah bapak toleran, bapak pluralisme, selalu membela orang-orang yang tertindas. Maka dari itu, peringatan itu kami kemas dengan kegiatan positif seperti ini,” katanya.

Dia juga berharap kegiatannya menjadi motivasi bagi pelajar dan masyarakat pada umumnya, dan akan muncul Gus Dur baru, untuk mempersatukan bangsa.

“Harapannya, akan muncul Gus Dur – Gus Dur yang lain. Jadi untuk mempererat-mempersatukan bangsa ini, butuh sosok seperti Gus Dur itu,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *