Sosial

Kunjungan ke Jombang, Mensos Risma Tuding Data Disabilitas Banyak yang Disembunyikan

103
×

Kunjungan ke Jombang, Mensos Risma Tuding Data Disabilitas Banyak yang Disembunyikan

Sebarkan artikel ini
Mensos
Tampak Mensos Tri Rismaharini, ketika memberi bantuan kursi roda terhadap puluhan warga disabilitas di Kabupaten Jombang, Jawa timur. Foto : Faiz

BERITABANGSA.ID – JOMBANG – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memberikan langsung bantuan kursi roda untuk warga disabilitas di Balai Desa Sengon, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Sabtu (28/01/2023) siang.

Di depan puluhan warga disabilitas, Mensos Risma, melontarkan senyum sekaligus tamparan bahwa jumlah data disabilitas masih banyak yang disembunyikan.

“Ya yang pertama kita coba terus untuk scanning, karena masih banyak disabilitas ini yang belum terdata ke kami. Sebetulnya bantuan ini alat bagi kami untuk melengkapi data. Karena biasanya yang disabilitas ini disembunyikan, terutama ODGJ atau yang lumpuh total,” ujar Tri Rismaharini.

Ia menduga penyembunyian data disabilitas itu dilakukan oleh pihak keluarga, lantaran dirasa aib.

Namun kata Mensos Risma, data itu diperlukan untuk berupaya meringankan beban keluarga dan pengobatan untuk kesembuhan penderita disabilitas.

“Kebanyakan mereka disembunyikan tidak pernah dikeluarkan. Padahal kami butuhkan agar itu ada bantuan-bantuan, kami menyalurkan dengan tepat sesuai kebutuhannya,” jelas Risma usai menyalurkan kursi roda.

Di wilayah Kabupaten Jombang sendiri, Risma telah menerima data dan menyalurkan bantuan 64 warga disabilitas.

Di beberapa daerah, masih terdapat sekitar 500 an warga disabilitas yang sudah terdata di 2023 ini.

“Di sini (Jombang) ada 64. Padahal sebelum saya kunjungan ke sini, jumlahnya ndak sampai segitu. Maka saya suruh tanyakan dan cari lagi, dan ternyata banyak. Kalau keseluruhan 500 an, di berbagai daerah semisal di Tulungagung jumlahnya lebih banyak lagi, di Batu juga,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *