Pasca Pipa PDAM Rusak, Warga Gili Gratis Sebulan

Pipa PDAM
Warga Gili di Kabupaten Probolinggo, nikmati pembayaran air yang digratiskan pada bulan Februari setelah sebelumnya pipa PDAM sempat rusak

BERITABANGSA.ID – PROBOLINGGO – Pipa PDAM di Pulau Gili, Kabupaten Probolinggo yang sempat rusak karena tersangkut jangkar kapal telah diperbaiki. Warga Desa Gili Ketapang malah dibuat tersenyum lantaran tagihan rekening air bulan Februari 2023 dibebaskan alias gratis.

Penggratisan itu kerjasama antara PDAM dan Pemkab Probolinggo saat mengunjungi pulau Gili.

Bacaan Lainnya
banner 1024x1453

Demikian disampaikan Direktur Perumdam Tirta Argapura Kabupaten Probolinggo Gandhi Hartoyo.

Pembayaran tagihan Februari digratiskan, karena saluran pipa PDAM yang saat ini diperbaiki masih belum benar-benar maksimal.

Berita Menarik Lainnya:  Akhirnya, PT PLN Persero Perbaiki Kabel Listrik Kendor

“Oleh karena itu, untuk bulan Februari kami gratiskan pembayaran air untuk warga Gili. Hal ini, karena pipa PDAM mereka rusak,” jelas Gandhi, bersama Wabup Probolinggo, Timbul Prihanjoko Rabu, 19 Januari 2023.

Pihaknya juga terus memantau dan mengevaluasi hasil perbaikan pipa PDAM. Agar, ketika ada kerusakan kembali bisa segera tertangani.

Ke depan, PDAM memiliki rencana perbaikan pipa di dasar laut atau pipa-pipa yang ada di daerah rawan untuk ditanam agar tidak mudah terdampak dari penyebab kerusakan pipa. Karena perkembangan penduduk di Desa Gili Ketapang semakin pesat, struktur perpipaan harus dikaji dan ditata ulang.

Berita Menarik Lainnya:  Bos Bahana Group Dimintai Keterangan di Sidang Lanjutan 17 Terdakwa Penggelapan BBM

“Seperti beberapa pipa PDAM yang ada di bawah jalan dan sebagian di bawah rumah warga, sehingga ketika ada kerusakan nantinya akan mengalami kesulitan untuk dilakukan perbaikan. Maka pemerintah daerah akan berupaya melakukan penataan ulang,” jelasnya.

Sementara itu, Wabup Probolinggo Timbul Prihanjoko mengapresiasi upaya gotong-royong untuk mengatasi krisis air di Pulau Gili. Termasuk peran PDAM yang menggratiskan pembayaran PDAM untuk bulan Februari.

“Harapannya ini bisa segera terselesaikan, terutama perbaikan pipa di dasar laut yang bocor dan hingga saat ini masyarakat dapat menggunakan kembali air bersih PDAM untuk kebutuhan sehari-hari,” harap Wabup dari PDI Perjuangan ini.

Berita Menarik Lainnya:  Tambah Lagi, Korban Tragedi Kanjuruhan Malang Tembus 134 Orang

Sebelumnya, pipa atau saluran air PDAM di Pulau Gili Kabupaten Probolinggo rusak pada Rabu, 4 Januari 2023.Akibatnya, warga yang tinggal di Desa Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih itu mengalami krisis air.

Rusaknya pipa air PDAM itu, dikarenakan jangkar yang terombang-ambing di lautan sesehinggwadga harus mengandalkan air hujan dan sumur untuk mendapatkan air.

Sejumlah bantuan air pun mengalir untuk warga Pulau Gili dari berbagai pihak baik Forkopimda maupun organisasi masyarakat. Namun, pipa air PDAM kini sudah diperbaiki dan warga Pulau Gili bisa kembali menikmati air bersih.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

banner 1024x1280

Pos terkait

banner 1024x697

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *