Nasib 8 Petani Gogol Urangagung, Belum Dibayar Lahan Sudah Dikuasai Pengembang

Petani Gogol
Delapan Petani Gogol Kelurahan Urangagung Kecamatan Sidoarjo saat Memasang Spanduk Protes kepada PT. CSM

BERITABANGSA.ID– SIDOARJO– Sejumlah warga Kelurahan Urangagung, Kecamatan Sidoarjo, ahli waris petani gogol gilir memprotes tindakan PT Citra Sekawan Mandiri (CSM).

Apa sebab ? PT CSM seenaknya melakukan pengurukan lahan tanpa pemberitahuan dan akad apapun kepada petani.

Bacaan Lainnya
banner 1024x1453

Sembilan petak sawah milik 8 orang petani gogol itu, penguasaan dan penggunaannya dikelola ahli waris, namun secara sepihak diklaim PT CSM dan diurug.

Berita Menarik Lainnya:  Warga Desa Pajeruan Gotong - royong Cor Jalan Poros

Willy Yustiawan perwakilan petani gogol menceritakan status lahan itu adalah gogol gilir, yang awalnya dimiliki 106 petani.

Sekira 2011 pihak PT CSM bergerilya membeli satu persatu lahan dan berhasil membeli lahan milik petani, 83 orang.

“Sekira tahun 2017 PT CSM sudah mulai melakukan pembangunan di lahan yang sudah dibebaskan,” kata Willy kepada Beritabangsa.id, Selasa (24/01/2023).

Willy melanjutkan, setelah 83 sawah petani gogol berhasil dibebaskan PT CSM, tinggal 23 petani yang belum dibebaskan sawahnya.

Berita Menarik Lainnya:  Gelar Sosialisasi dan Koordinasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi, Begini Harapan Bupati Jombang

Kemudian pada November 2022 , PT CSM kembali melakukan negoisasi dengan 23 petani dan berhasil membebaskan lahan milik 15 petani.

“Akhir tahun lalu, sekitar November 2022 dari 23 petani gogol ada 15 petani yang mau digeser (tukar-guling) oleh PT CSM. Berarti tinggal 8 lahan petani yang belum dibebaskan. Dari 8 petani inilah yang menuntut hak PT CSM, karena belum dapat kompensasi apapun, tapo kenapa tiba-tiba lahan sudah diurug,” jelas Willy.

Masih kata Willy, 8 petani memiliki alasan kuat melawan kepada PT CSM, karena mereka punya alas hak berupa letter C dan diperkuat surat pengesahan dari Lurah Urangagung.

Berita Menarik Lainnya:  JLS Pansela Tulungagung - Trenggalek Tersambung, Gubernur Khofifah Optimis Ekonomi dan Pariwisata Tumbuh

Dengan kekuatan atas hak tanah itu 8 petani gogol, pada Senin 22 Januari sempat menghentikan semua kegiatan yang dilakukan PT CSM di lahan tersebut.

“Waktu rame-rame kapan hari Pak Lurah kita bawa ke lokasi lahan, dan Pak Lurah membenarkan kalau 8 petani gogol ini punya obyek lahan sawah yang diurug oleh PT CSM,” tukas Willy kesal.

banner 1024x1280

Pos terkait

banner 1024x697

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *