Publik Service

Cegah DBD, Petugas Puskesmas Lakukan Fogging

45
×

Cegah DBD, Petugas Puskesmas Lakukan Fogging

Sebarkan artikel ini
Fogging
Petugas saat melakukan fogging di salah satu rumah warga

BERITABANGSA.ID – LUMAJANG – Puskesmas Pasirian melakukan fogging atau pengasapan untuk mencegah demam berdarah di salah satu rumah warga RT 05, RW 01 Dusun Joho, Desa Pasirian, Kecamatan Pasirian, Jumat (27/1/2023) pagi tadi.

Petugas dari Puskesmas didampingi Bhabinkamtibmas Polsek Pasirian, Aipda Luqman Santoso bersama Babinsa Koramil Pasirian, Serka Nanang yang turut membantu fogging di pemukiman warga tersebut.

Kapolsek Pasirian, AKP Agus Sugiharto, mengatakan fogging dilakukan untuk pencegahan penyakit demam berdarah dangue (DBD), karena saat ini curah hujan cukup tinggi.

“Kegiatan fogging merupakan tindakan preventif untuk cegah menyebarnya penyakit demam berdarah di lingkungan masyarakat,” ungkapnya.

Untuk pencegahan, agar warga tidak kembali terdampak DBD, AKP Agus Sugiharto mengatakan, Bhabinkamtibmas bersama Pemerintah Desa Pasirian, berkoordinasi dengan puskesmas untuk melakukan fogging di pemukiman warga.

“Tidak hanya fogging, Bhabinkamtibmas bersama Pemerintahan Desa (Pemdes) Pasirian juga mensosialisasikan cara pencegahan DBD kepada masyarakat,” jelasnya.

Warga diimbau untuk sadar kebersihan lingkungan, seperti membersihkan tempat penampungan air, mengubur barang bekas dan menutup penampungan air.

“Kami mengimbau agar warga selalu menjaga kebersihan lingkungan, terutama selalu membersihkan bak air di kamar mandi, menimbun barang bekas atau sampah plastik maupun kaleng yang dapat menampung air hujan, sehingga tidak dapat digunakan untuk sarang nyamuk,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Lumajang, dr Bayu Wibowo Ignasius ketika ditanya soal DBD belum memberikan keterangannya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *