Publik Service

Akibat Intensitas Hujan Tinggi, Sambungan Pipa PDAM Kota Batu Putus

251
×

Akibat Intensitas Hujan Tinggi, Sambungan Pipa PDAM Kota Batu Putus

Sebarkan artikel ini
Pipa air
Pipa milik Perumdam Among Tirto yang terputus akibat gerusan air

BERITABANGSA.ID – KOTA BATU – Sambungan pipa air minum yang berada di bawah Jembatan Sukorame, Desa Gunungsari, Kecamatan/Kota Batu terputus akibat tingginya intensitas hujan beberapa hari ini.

Putusnya pipa air minum itu, berdampak pada suplai air warga di Kota Batu, di antaranya Jalan Metro, Sudarmo. Sebagian Jalan Suropati, Abdul Gani, Syahat, WR. Supratman, Diran, Sajid, Mustari. Lalu Jalan Imam Bonjol, Kapten Ibnu, Bulutangkis dan Utomo Rejo. Kemudian, wilayah Sisir.

Menurut Kabag Teknik Perumdam Among Tirto, Choirul Anam, hujan membuat longsor. Sehingga mengakibatkan pondasi pemangku pipa hancur. Pipa anjlok dan sambungannya putus.

“Kejadiannya tadi malam, Selasa (07/02/2023), sekitar pukul 21.00 WIB, dari salah satu pegawai disini. Ada gerusan air di bawah jembatan mengakibatkan longsor. Akhirnya, pipa kita putus,” jelas Anam, Rabu (08/02/2023), di ruang kerjanya.

Akibat curah hujan beberapa hari ini, menurut dia, membuat kondisi air di bawah jembatan sangat deras.
Sehingga, mampu menggeser batuan besar dan menghancurkan pondasi yang menjadi titik tumpuan pipa sebesar 10 inci tersebut.

“Pipa 10 inci itu anjlok sehingga sambungan terputus. Dan, sebenarnya usia pipa itu juga sudah lama. Sejak PDAM masih milik Kabupaten Malang. Terus, pipa ini juga berasal dari sumber air Banyuning dan Ngesong yang dialirkan ke wilayah Kota Batu,” terang Anam.

Untuk teknik perbaikan, kata Anam, sementara ini sambungan pipa dilewatkan di atas jembatan. Sedangkan, untuk pelayanan air ke masyarakat disediakan mobil tangki air yang didistribusikan kepada masyarakat yang terdampak.

“Untuk penanganan sementara, pipa dipasang di atas jembatan. Dengan waktu pengerjaan sekitar 5-12 hari. Sebagai kompensasi kepada masyarakat terdampak, kita bekerjasama dengan Damkar Pemkot Batu. Truk tangki Perumdam Among Tirto dan milik Damkar kirim air ke masyarakat terdampak,” tuturnya.

Kata Anam, kalau dilihat kondisinya, pipa yang terbentang di jembatan Sukorame itu sebenarnya sudah terlalu tua. Apabila, diganti dan dipasang dengan membuat jembatan sendiri akan menelan anggaran Rp1 miliar.

“Yang jelas kita ganti pipa, karena pipa yang ada sudah tidak layak. Nantinya, bila anggaran ada kita pasang dengan membuat jembatan untuk pipa itu dengan besar 10 inci. Tapi ya biaya anggarannya Rp1 miliar,” tutup Anam.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *