Akhirnya, Jalan Jeglongan Sewu di Ambulu Mulai Diperbaiki

Bupati Jember Hendy Siswanto meninjau lokasi terparah kerusakan Jalan Ahmad Yani di Desa Ambulu | Foto: Guntur
Bupati Jember Hendy Siswanto meninjau lokasi terparah kerusakan Jalan Ahmad Yani di Desa Ambulu | Foto: Guntur

BERITABANGSA.COM – JEMBER – Jalan Ahmad Yani di Dusun Krajan Desa Ambulu Kecamatan Ambulu Jember selama bertahun-tahun kondisinya rusak parah.

Warga selama ini swadaya hanya mampu menutupi jalanan berlubang tersebut dengan tanah seadanya sehingga ketika musim hujan tiba, siap-siap kendaraan yang melewatinya akan merasakan sensasi seperti naik kapal laut yang bergelombang.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Bupati Asahan Hadiri Sosialisasi UU No 18 Tahun 2017 di Pemprov Sumut
banner 1024x1453

“Jeglongan sewu” itulah istilah yang diberikan warga kepada jalan yang rusak parah tersebut. Jalan tersebut menghubungkan Desa Ambulu, Desa Andongsari serta Desa Pontang Kecamatan Ambulu Jember.

Sudah banyak keluhan warga dilontarkan kepada pemerintah, namun tak kunjung mendapatkan perhatian. Adapun lokasi terparah berada antara tempat pengisian BBM sampai makam pahlawan di jalan tersebut, kurang lebih 300 meter.

Mahsun, warga yang tinggal di Perumahan Bumi Ambulu Permai, tak jauh dari lokasi rusaknya jalan tersebut menuturkan jalan tersebut sudah rusak sekitar 4 tahun sebelumnya.

“Selama masa Bupati sebelumnya (Faida), ditinjau aja tidak, apalagi mau diperbaiki,” ungkap Mahsun.

Berita Menarik Lainnya:  Janji Tinggal Janji, Warga Jombang Tanami Pisang di Jalan Rusak

Menurutnya penyebab kerusakan jalan tersebut diakibatkan tidak berfungsinya gorong-gorong saluran irigasi air, hingga mengakibatkan meluapnya air dan membuat genangan ketika hujan turun.

Di samping itu, truk dengan muatan tanah melebihi tonase sering lewat jalur tersebut, padahal kelas jalan tersebut tidak sesuai dengan tonase muatan truk tersebut.

Lebih lanjut, Mahsun menuturkan truk tersebut memuat pasir dari Curahnongko menuju pabrik semen yang berada di Puger.

“Sedangkan pabrik semennya tidak tanggung jawab atas kerusakan yang diakibatkan truk-truk tersebut,” sambungnya.

Berita Menarik Lainnya:  Hambat Roda Perekonomian Warga Keluhkan Jalan Rusak dan Berlubang

Bupati Jember Hendy Siswanto memulai pengerjaan perbaikan jalan Ahmad Yani di Dusun Krajan, Desa Ambulu, hari ini Senin(24 Januari 2022). Perbaikan jalan yang rusak parah tersebut sudah lama dinanti warga, bahkan semenjak masa pemerintahan Bupati Jember sebelumnya

Hendy menyebut, perbaikan jalan ini menggunakan skema penganggaran tahun jamak atau multiyears.

“Dijaga dan dirawat jalannya ketika sudah selesai diperbaiki, dengan cara menjaga irigasi air tetap lancar sehingga tidak meluap dan menimbulkan genangan air yang bisa menggerus komposisi aspalnya,” pesannya.

banner 1024x1280

Pos terkait

banner 1024x697

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *