Pemilu

Sukses Pemilu Juga Tergantung Kinerja Anggota PPS

136
×

Sukses Pemilu Juga Tergantung Kinerja Anggota PPS

Sebarkan artikel ini
PPS
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, Haji Akhmat, ST saat mengikuti proses pelantikan PPS

BERITABANGSA.ID – LUMAJANG– Sebanyak 615 anggota panitia pemungutan suara (PPS) Pemilu 2024 se Kabupaten Lumajang menjalani pengambilan sumpah di Gedung Surya Mahameru, Selasa (24/1/2023).

Pengambilan sumpah dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, Haji Akhmat, bersama Bupati Lumajang Haji Thoriqul Haq, dan Wakil Bupati Lumajang Hajjah Indah Amperawati Masdar.

Wakil Ketua DPRD Haji Akhmat, ditemui Kamis (26/1/2023), menaruh harapan besar agar kinerja PPS lebih baik demi menyukseskan Pemilu 2024.

“Bekerjalah sesuai tupoksinya,” ujarnya.

Sedangkan tupoksi PPS antara lain, mengumumkan, perbaikan, lalu mengumumkan perbaikan, menerima masukan daftar pemilih sementara, hingga mengumumkan daftar pemilih tetap dan melaporkan ke KPU kabupaten atau kota melalui PPK.

Kata politisi PPP ini, tugas panitia pemungutan suara lainnya yaitu melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan pemilu di tingkat kelurahan/desa yang sudah ditetapkan.

“Mereka juga bertugas mengumpulkan hasil penghitungan suara dari seluruh TPS di wilayah kerjanya, melaporkan hasil penghitungan suara seluruh TPS kepada PPK, evaluasi dan membuat laporan setiap tahapan pemilu, sosialisasi pemilu, sosialisasi tugas PPS ke masyarakat, menjalankan tugas dari KPU berjenjang sesuai UU dan peraturan perundangan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Lumajang, Yuyun Baharita mengucapkan selamat kepada seluruh anggota PPS yang baru dilantik.

Mereka akan bekerja sesuai dengan wewenangnya, yaitu membentuk KPPS, mengangkat Pantarlih, menetapkan hasil perbaikan daftar pemilih sementara untuk menjadi daftar pemilih tetap.

Sekaligus melaksanakan wewenang lain yang diberikan oleh KPU, baik provinsi, kabupaten, kota, dan PPK sesuai aturan dan wewenang lain sesuai perundang-undangan.

“Ada pula kewajiban PPS melakukan pemutakhiran data pemilih, daftar pemilih sementara, daftar pemilih hasil perbaikan, dan daftar pemilih milih tetap,” jelas Yuyun.

Menurutnya, daftar pemilih tetap dilaporkan ke PPK dan mengamankan keutuhan kotak suara saat perhitungan dan kotak suara disegel.

Di hari yang sama, setelah rekapitulasi hasil penghitungan suara membawa laporan dan temuan yang disampaikan ke Panwaslu.

“Kewajiban lain diberikan dari KPU, baik provinsi, kabupaten, kota dan PPK sesuai perundang-undangan dan melaksanakan kewajiban lain sesuai perundang-undangan,” tambahnya.

PPS ini, kata Yuyun, berkedudukan di kelurahan/desa atau. PPS dibentuk oleh KPU kabupaten/kota paling lambat 6 bulan sebelum Pemilu.

“Selamat teman-teman yang baru saja dilantik, proses panjang telah dilalui. Hari ini, perjuangan panjang telah tiba,” imbuhnya.

Dia menegaskan salah satu kesuksesan Pemilu adalah, tergantung kinerja PPS.

Yuyun meminta para anggota PPS segera menyesuaikan diri dan menjalin koordinasi dengan pihak terkait.

Sementara itu Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, berpesan kepada seluruh anggota PPS agar tetap menjaga kesehatan dan kondisi fisik untuk menjalankan tugas.

Tahapan Pemilu sangat panjang, sehingga butuh kondisi fisik yang prima.

“Jaga kesehatan. Karena tahapannya itu panjang, jaga kondisi betul, persiapkan semua terkait fisik masing-masing supaya tidak ada kendala penghitungan suara,” ungkapnya.

Sedangkan Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati meminta agar para anggota PPS bekerja profesional tanpa terpengaruh tekanan pihak lain.

“Bekerjalah profesional, jangan terpengaruh dengan apapun, tetap tegak lurus menjalankan tugas sebagai PPS,” ujarnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *