Sekum Apdesi Sulsel: Silatnas 2022, Warna Kebersamaan Kades se-Indonesia

Sekum Apdesi Sulsel: Silatnas 2022, Warna Kebersamaan Kades se-Indonesia
Andi Pangerang Sekertaris Umum Apdesi SulSel di Acara Silatnas Desa 2022 Foto : Dok Apdesi SulSel

BERITABANGSA.COM-JAKARTA-Silaturahmi Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Silatnas APDESI) digelar di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (29/03/2022) siang.

Presiden RI Joko Widodo secara resmi membuka Silatnas 2022 ini, turut hadir mendampingi Presiden Ri Joko Widodo antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, serta Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Anggota DPRD Bondowoso Datangi Korban Kebakaran Di Tamanan
banner 1024x1453

Kepada Media ini Sekum Apdesi SulSel menyampaikan, terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo yang telah mengapresiasi para Kades se-Indonesia, dalam kontribusi pemerintah desa dalam penanganan pandemi COVID-19 sehingga situasi pandemi di tanah air relatif terkendali pada level yang rendah.

“Kami sangat bangga sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo, bahwa kontribusi jajaran pemerintah desa dalam penanganan pandemi ini adalah hal yang unik yang tidak dimiliki oleh negara lain,” paparnya.

Lanjut Andi Pangerang, Silatnas ini dihadiri anggota Apdesi Perwakilan Provinsi sebanyak 100 orang, dan 40.000 Kades se-Indonesia.

Berita Menarik Lainnya:  Kelompok Tani Hutan Berkah Jaya Berikan 1000 Bibit Gratis Pada Warga

“Kami dari Apdesi Sulawesi Selatan akan senantiasa berperan aktif bersama para rekan kades se-Sulsel, membangun sinergitas sebagai bentuk upaya kepaduan strategis antara kebijakan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pemerintah desa guna menciptakan tata kelola pemerintahan yang mampu melahirkan administrasi pelayanan publik yang cepat, efisien, mendukung investasi demi pertumbuhan ekonomi di wilayah pedesaan,” ungkap Andi Pangerang.

Pemerintah desa juga patut bersyukur karena Menteri Desa akan merealisasikan permintaan APDESI, yakni 5 % anggaran rumah tangga untuk kepala desa.

Berita Menarik Lainnya:  BPN dan Kejari Bangka MoU Cegah Mafia Tanah

Adapun usulan penting disampaikan Ketua DPP Apdesi dalam Silatnas 2022 kali ini antara lain, alokasi Dana Desa akan ditingkatkan pada tahun yang akan datang.

Selanjutnya, dana operasional desa sebesar 3 persen dari DD, Surat Pertanggungjawaban (SPJ) DD tidak berbelit, sehingga pemerintah desa fokus pada pencapaian kinerja.

Selain itu Apdesi meminta BLT DD sesuai Perpres 104 tahun 2021 disetujui dari minimal menjadi maksimal 40 persen, kemudian sisa lebih anggaran tetap dibayarkan perbulan, dan stempel desa diharapkan memakai lambang burung garuda.

banner 1024x1280

Pos terkait

banner 1024x697

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *