Pendidikan

UINSA Terima Anugerah Top 45 Inovasi Layanan Publik Terbaik 2022

93
×

UINSA Terima Anugerah Top 45 Inovasi Layanan Publik Terbaik 2022

Sebarkan artikel ini
Piala dan penghargaan UINSA

BERITABANGSA.COM-SURABAYA– Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mewakili Kementerian Agama Republik Indonesia menerima penghargaan Top 45 Pelayanan Publik Inovasi Terbaik 2022 pada 6 Desember 2022 di Hotel Bidakara Jakarta.

Inovasinya berupa IDe AsSALAM (Inisiasi Desa Nabung Saham Modal Sampah).
Selama ini telah dikelola Laboratorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UINSA Surabaya.

Scroll untuk melihat berita

Menteri Pendayagunaan Apatarur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, mengingatkan terkait 5 Prioritas Kerja 2019-2014, yakni pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, simplifikasi regulasi, penyederhanaan birokrasi, dan transformasi ekonomi.

Menpan-RB yang menjabat sejak Rabu 7 September 2022 ini juga menyampaikan arahan presiden terkait reformasi birokrasi.

Di antaranya pertama, birokrasi yang berdampak, dirasakan langsung masyarakat; kedua reformasi birokrasi bukan tumpukan kertas; dan ketiga, birokrasi lincah dan cepat.

“Kami ingin mendorong percepatan reformasi birokrasi dan layanan publik di Indonesia. Tahun ini, RB dilaksanakan secara tematik, yakni RB pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, dan digitalisasi administrasi pemerintah. Semangat membawa ASN keluar dari rutinitas menuju budaya inovasi dan meningkatkan kepuasan publik,” tegas Abdullah Azwar Anas.

Hadir dalam pemberian penghargaan tersebut Rektor UINSA Profesor Muzakki, mewakili Kementerian Agama.

“Pencapaian ini jadi pintu masuk ke pencapaian prestasi selanjutnya. Tiada hari tanpa inovasi. Tiada hari tanpa prestasi. UINSA, kampus Inovasi dan kampus prestasi, ” tegas Muzakki.

Di ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang digelar KemenpanRB 2022 ini, IDE ASSALAM UINSA bersanding bersama aplikasi Peduli Lindungi dari Kementerian Kesehatan.

Raihan 5 TOP Outstanding Pelayanan Publik Terbaik ini tidak terlepas dari inovasi Laboratorium FEBI UINSA di bawah bimbingan Doktor Fatmah.

Di sini memberi wadah untuk mahasiswa Uinsa, warga ibu-ibu di daerah nelayan, dan di kampung Binaan untuk mengenal saham bermodalkan sampah.

Dengan mengumpulkan sampah, mereka mampu membeli saham di Indofood serta perusahaan-perusahaan lainnya.

Capaian gemilang ini juga telah memecahkan Rekor MURI Indonesia.

Hadir mewakili Kementerian Agama RI, Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Kemenag RI, Akhmad Lutfi.

“Ini penghargaan pertama kali yang diterima KL Kemenag. UINSA telah ikut mengangkat nama Kemenag RI. Dan UINSA adalah satu satunya perguruan tinggi yang telah lolos mewakili Kemenag di ajang KIPP 2022,” ujar Kabiro Ortala Kemenag RI.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *