Pendidikan

SMPN 2 Puger Mulai Injeksi Pendidikan Karakter Via Media Film

281
×

SMPN 2 Puger Mulai Injeksi Pendidikan Karakter Via Media Film

Sebarkan artikel ini
Pendidikan Karakter
Foto bersama ratusan murid SMPN 2 Puger usai menonton film Jo Sahabat Sejati yang direkomendasikan Kemendikbud sebagai media pendidikan karakter. (Foto: Guntur Rahmatullah)

BERITABANGSA.ID – JEMBER – Kepala SMPN 2 Jember Muradi menjalankan rekomendasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemenristek RI) untuk memberikan pendidikan karakter kepada muridnya melalui media film.

Dia menggerakkan seluruh siswanya menonton film berjudul Jo Sahabat Sejati yang direkomendasikan Kemendikbud RI sebagai media pendidikan karakter.

Scroll untuk melihat berita

Muradi menyampaikan bahwa rekomendasi dari Kemendikbud tersebut sangat relevan dengan kondisi sekarang, di mana globalisasi dapat menimbulkan degradasi karakter pada generasi bangsa.

“Dampak globalisasi diterima para siswa melalui gawai mereka, tentunya kita sebagai guru harus memperkuat karakter para siswa melalui pendidikan karakter sesuai nilai-nilai luhur dalam Pancasila, supaya mereka dapat membentengi diri dan dapat memilah dan memilih mana yang baik,” terang Muradi, Senin 16 Januari 2023.

Ia menilai dengan media film, pemahaman mengenai karakter luhur bangsa Indonesia lebih mudah dicerna bagi para siswanya.

“Visi sekolah kami mewujudkan insan yang berakhlak mulia tidak mudah di tengah kondisi saat ini, karena itulah media media kreatif seperti media film ini sangat dibutuhkan,” lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Kepala SMPN 2 Puger Didik Efendi menilai film ini sangat penting untuk dipahami dan dipraktikan oleh semua warga Indonesia.

“Film ini mengajarkan banyak budaya luhur bangsa kita yang harus dijadikan dasar dalam setiap perilaku kita, mengenai kesetiaan, gotong-royong, etika kepada yang lebih tua dan kepada yang lebih muda,” ujar Didik.

Sementara itu, siswi Kelas IX A Niken Larasati menyampaikan kesannya setelah menonton film tersebut.

“Saya mendapatkan banyak pelajaran berharga dari film tersebut, terutama tentang kesetiaan kepada sahabat,” ujar Niken.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *