Pendidikan

Lima Mahasiswa FK Unusa Ubah Biji Delima Jadi Produk Kecantikan

90
×

Lima Mahasiswa FK Unusa Ubah Biji Delima Jadi Produk Kecantikan

Sebarkan artikel ini
Unusa
Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unusa mengolah delima menjadi body cream

BERITABANGSA.COM-SURABAYA- Buah delima berasal dari Iran, namun sudah lama dikembangbiakkan di sejumlah wilayah di Indonesia.

Buah hingga biji delima kaya manfaat. Untuk itu 5 mahasiswa Fakultas Kedokteran Unusa mengolah delima menjadi body cream yang diberi nama Grenade Skin Solution.

Scroll untuk melihat berita

Kelima mahasiswa itu; Alsa Shafira Sri Handini, Achmad Yanu Noer Fadhilah, Dewi Adila Sonia Zain, Nihazzatuzzain dan Illa Billah.

Mereka lolos program kreativitas mahasiswa kewirausahaan (PKM-K) program Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Mereka mengolah biji buah delima dengan cara mengekstrak menjadi minyak biji buah delima. Kemudian minyak itu dibuat body cream.

“Pertama kami melakukan penelitian biji buah apa saja yang mengandung banyak zat yang baik buat kulit. Dari sana kami menemukan biji buah delima yang memiliki banyak khasiatnya,” ungkap Alsa.

Biji buah delima ini mengandung polifenol dan beberapa asam lemak antara lain asam palmitat, asam stearat, asam oleat, asam linoleat, dan terutama punicid acid semua bahan tersebut cukup baik bagi kulit.

Dengan banyaknya kandungan zat pada biji buah delima, kelimanya mulai membuat body cream dari ekstrak biji buah delima.

“Body cream dari ekstrak ini lebih cepat untuk mencerahkan kulit sekaligus memiliki banyak manfaat lain seperti melembabkan dan mengatasi kulit kusam, serta bisa menangkal radikal bebas sinar matahari,” ungkapnya.

Dalam proses pembuatan, kelima mahasiswa semester dua dan lima ini didampingi dosen dokter bidang farmakologi, sehingga krim yang dihasilkan cukup aman digunakan.

“Selama proses ini kami didukung penuh dosen untuk membuat body krim dari minyak biji buah delima,” terang Alsa.

Alsa berharap melalui PKM-K, timnya terus melakukan penelitian untuk menemukan berbagai produk lainnya.

“Pada dasarnya saya suka sekali dengan penelitian hal baru, jadi kami akan terus membenahi beberapa kendala yamg kurang dari produk kami,” ungkapnya.

Body cream dari kelima mahasiswa ini sudah diperjualbelikan melalui media sosial Intagram dan E-Commerce beberapa planform belanja online seperti Shopee.

“Langsung aja ketik Grenade Skin Solution di Shopee atau IG kami Granade Skin,” ungkap Alsa.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *