Pendidikan

Kepala SMKN 1 Tulungagung Dukung Kreativitas dan Jiwa Kewirausahaan Siswa

63
×

Kepala SMKN 1 Tulungagung Dukung Kreativitas dan Jiwa Kewirausahaan Siswa

Sebarkan artikel ini
SMKN 1
Kepala SMK Negeri 1 Tulungagung, Muhari, saat diwawancara awak media

BERITABANGSA.COM-TULUNGAGUNG – SMKN 1 Tulungagung adalah merupakan sekolah yang berbasis pada pendidikan kejuruan (vokasi), di bidang keahlian agribisnis dan agroteknologi yakni, pertanian, perikanan terpadu di Kabupaten Tulungagung.

Ada yang berbeda di SMKN 1 Tulungagung karena selain tempat pendidikan juga untuk membangun karakter dari peserta didiknya.

Scroll untuk melihat berita

Ada kreativitas siswa-siswi dengan hasil karyanya, lalu menawarkan hasil karyanya ke guru-guru serta teman sekolahnya.

Kepala SMKN 1 Tulungagung Muhari, bangga melihat mental dan jiwa bisnis anak didiknya, berani menampilkan dan menawarkan produk unggulan bikinan sendiri.

Produk mereka beragam semisal minuman.”Pertama saya penasaran dengan produk bikinan siswa kami dan ternyata rasanya enak,” ungkapnya, Selasa (11/10/2022).

Selama ini pihak sekolah selalu mendukung setiap kegiatan positif para siswa. Baik bidang akademik, ekstrakurikuler, olahraga dan keterampilan

“Jadi pengolahan hasil pertanian dijadikan keterampilan utama. Kendalanya adalah mengolah hasil pertanian menjadi produk setengah jadi, seperti jeruk dijadikan serbuk mirip nutrisari. Karena jeruk tanpa diolah cepat busuk dan harga jualnya rendah,” ucap Muhari.

Dia juga ingin membuat benih dari jaringan tanaman, bukan dari biji atau stek. Kendalanya yaitu membuat media tanam, dari bahan jelli.

Untuk penyiraman harus memakai air penyulingan, sementara alat penyulingan membutuhkan daya listrik besar, anggaran besar, serta laboratorium yang memadai.

Sedangkan bidang perikanan masih mengembangkan pembesaran ikan konsumsi, lalu ke proses pemijahan ikan gurami. Apalagi masyarakat Tulungagung selama ini mendatangkan benih telur ikan gurami dari Jawa Barat.

Muhari berharap agar siswanya mempunyai karakter berwirausaha, selalu mengembangkan potensi atau bakatnya agar nantinya ketika mereka lulus mereka sudah siap bekerja sesuai bidangnya masing-masing dan melahirkan jiwa pengusaha untuk bersaing di masyarakat kelak.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *