Pendidikan

Jelajah Santri 1000 Pelajar Warnai Kick Off 1 Abad NU Kota Probolinggo

103
×

Jelajah Santri 1000 Pelajar Warnai Kick Off 1 Abad NU Kota Probolinggo

Sebarkan artikel ini
1000 pelajar
Kick off 1 abad NU, dibuka PCNU Kota Probolinggo yang juga digelar jelajah oleh 1000 pelajar

BERITABANGSA.COM – PROBOLINGGO – Pembukaan Kick off 1 abad Nahdlatul Ulama oleh PCNU Kota Probolinggo, diwarnai jelajah santri 1000 pelajar.

Kegiatan ini akan berlangsung dua hari, 8-9 Oktober 2022, yang dipusatkan di lapangan SMAN 4 Kota Probolinggo. Para peserta akan berjalan kaki sekitar 2 kilometer keliling kawasan sekolah mengambil start dan finish di SMAN 4.

Scroll untuk melihat berita

1000 pelajar tersebut seluruhnya berasal dari siswa sekolah yang berada di bawah naungan Lembaga Pendidikan Maarif NU Kota Probolinggo.

Tema yang diangkat yakni, Tanamkan Jiwa Bakti Pertiwi. Sedangkan tujuannya adalah menjalin ukhuwah dan mengukuhkan eksistensi kemaslahatan umat, sebagai wujud pengembangan kader di bidang kepanduan.

Dalam jelajah santri ini, juga akan menguji kemampuan teknik ke – Pramuka – an, wawasan kebangsaan, kecintaan terhadap tanah air, persaudaraan, ketangkasan, dan kekuatan fisik, serta kepedulian terhadap sesama

Ketua PCNU Kota Probolinggo H Samsur menuturkan, rangkaian kegiatan menyongsong 1 Abad NU di Kota Probolinggo akan dibuat semeriah mungkin.

Kegiatan ini juga menjadi bagian rangkaian Hari Santri Nasional (HSN) 2022 yang melibatkan seluruh lembaga dan Banom NU.

“Seluruh kegiatan kami fokuskan untuk menanamkan nilai-nilai ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah (Aswaja) An-Nahdliyah kepada anak didik kita, kepada para santri sehingga semakin mengenal akan prinsip-prinsip Nahdlatul Ulama,” jelasnya.

Kepala Kemenag Kota Probolinggo ini berharap melalui jelajah santri nilai-nilai aswaja bisa diimplementasikan.

Sedangkan menurut Holil, Ketua LP Maarif NU Kota Probolinggo, kegiatan jelajah santri 2 tahun ini diisi dengan lomba teknik kepramukaan dan olimpiade Aswaja. Tiap tiap regu akan beranggotakan 9 pelajar.

Tujuannya untuk melatih kemandirian kekompakan dan mengenalkan ajaran Aswaja An-Nahdliyah, meneguhkan iman dan memperat ukhuwah sesama santri.

“Kami berharap melalui jelajah santri peserta didik dapat mengenal dan bisa memahami Aswaja an Nahdliyah” jelas Holil.

Kick off 1 abad NU, dihadiri Ketua PCNU Kota Probolinggo Haji Samsur, didampingi Katib Syuriyah PCNU Kota Probolinggo Kiai Muhtarom, Ahmad Zain, Bendahara PCNU Kota Probolinggo, Wakil Sekretaris PCNU Kota Probolinggo Husni Mubarok dan Ketua LP Maarif NU Kota Probolinggo M Holil.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *