Pendidikan

Dinas Pendidikan Gelar Lomba Mendongeng di Hari Kesehatan, Begini Ceritanya

67
×

Dinas Pendidikan Gelar Lomba Mendongeng di Hari Kesehatan, Begini Ceritanya

Sebarkan artikel ini
Dinas Pendidikan
Tengah Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Suharni, S.Pd.,M.Pd, saat membuka sosialisasi di Aula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

BERITABANGSA.COM – TULUNGAGUNG – Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Tulungagung melakukan sosialisasi lomba mendongeng tingkat SD/MI se-Kabupaten Tulungagung di Aula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Rabu (02/11/2022).

Kabid Pembinaan Sekolah Dasar (SD) Suharni mengatakan, tujuan lomba mendongeng tingkat SD/MI ini untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, 2022.

Selain itu, juga untuk menumbuhkembangankan budaya gemar membaca melalui aneka bacaan bagi anak usia SD dengan buku-buku cerita budaya lokal.

“Budaya gemar membaca di satuan pendidikan tidak mudah. Namun juga tidak susah. Upaya itu harus ditanamkan pada diri anak-anak sedini mungkin secara berkelanjutan, kondusif, harmonis dan komunikatif,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Rahadi P Bintara, menambahkan acara ini bukan milik Dinas Kesehatan saja namun milik semua.

Jadi jika semua berpartisipasi akan dapat mempererat silaturahmi, dan membuat peringatan HKN ke-58 di 2022 sukses.

Rahadi, menambahkan lomba ini akan mendorong minat baca bagi anak usia dini memakai metode story telling (bercerita), sehingga rasa keingintahuan pada anak tinggi.

Manfaat lainnya, akan terjalin komunikasi antara pengajar, orang tua dan murid.

“Jadi acara ini bukan milik Dinas Kesehatan saja, namun milik kita bersama, tidak cukup hanya guru atau komunitas di sekolah, peran orang tua, masyarakat, pemerintah lembaga swasta juga faktor penting mendidik karakter anak sejak dini lewat mendongeng,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *