Pembangunan

Gotong Royong Tanam 25 Ribu Pohon di Sepanjang Kalijompo

43
×

Gotong Royong Tanam 25 Ribu Pohon di Sepanjang Kalijompo

Sebarkan artikel ini
25 ribu pohon
Bupati Jember Hendy Siswanto bersama para warga berfoto bersama usai menanam pohon secara simbolis

BERITABANGSA.COM – JEMBER – Upaya untuk meminimalkan terjadinya bencana alam, berupa banjir maupun longsor terus digalakkan di Jember, Jawa Timur.

Kali ini, langkah mulia pencegahan bencana alam itu diinisiasi oleh LP2M Universitas Jember, bergotong royong dengan BKSDA Jember serta Pemerintah Kabupaten Jember, melaksanakan penanaman 25 ribu pohon di sepanjang sungai Kalijompo Jember, Rabu 07 Desember 2022.

Sungai ini merupakan aliran air dari Gunung Argopuro, yang mengarah ke Jember, yang seringkali menimbulkan banjir di daerah hilir.

Bupati Jember Hendy Siswanto menuturkan, terdapat beberapa penyebab banjir, di antaranya pendangkalan sungai, belum maksimalnya penahan air.

Hendy merincikan, sejumlah upaya yang telah dilakukan Pemkab Jember di antaranya memperbaiki sejumlah bendungan di aliran sungai Kalijompo, membuat drempel serta menanami rumput vetiver.

“Dan hari ini ditambah dengan penanaman 25 ribu pohon di sepanjang bantaran sungai Jompo, inilah gotong royong kita semua lintas sektor untuk meminimalisir bencana alam,” kata Hendy Siswanto.

Hendy meminta masyarakat sekitar untuk merawat pohon yang ditanam hari ini, sampai tumbuh besar dan kuat.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *