Kesehatan

Percepat Kekebalan Imunitas, 1,2 Juta Dosis Vaksin Inavac Siap Disuntikkan

72
×

Percepat Kekebalan Imunitas, 1,2 Juta Dosis Vaksin Inavac Siap Disuntikkan

Sebarkan artikel ini
Inavac
Tampak saat warga mengikuti suntik vaksin Inavac

BERITABANGSA.COM-SURABAYA– Sebanyak 1.225.000 dosis vaksin Inavac hasil produksi Universitas Airlangga bersama PT Biotis Pharmaceutical siap disuntikkan dan digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Vaksin Inavac saat ini siap dikirim ke Kementerian Kesehatan untuk segera disuntikkan pada seluruh warga Indonesia tak terkecuali warga masyarakat Jawa Timur.

Dalam waktu dekat, masyarakat bisa mendapat vaksin produksi dalam negeri yang untuk sementara diprioritaskan untuk booster untuk usia dewasa atau untuk dosis 1 dan 2.

“Alhamdulillah, progres vaksin Inavac pada awal tahun 2023 ini telah siap 1,2 juta dosis vaksin. Vaksin ini akan menjadi ikhtiar mempercepat kekebalan imunitas masyarakat Indonesia, meskipun kasus Covid-19 terus mengalami penurunan yang signifikan,” ujar Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (6/1).

Gubernur Khofifah mengatakan, bahwa pihaknya terus mengupdate progres vaksin inavac dari waktu ke waktu.

Dalam waktu dekat, Pemprov Jatim akan mengirimkan surat kepada Menteri Kesehatan RI agar Jawa Timur bisa kebagian jatah dari 1.2 juta dosis tersebut sebelum disebar di 34 Provinsi di Indonesia.

“Kita berharap, Jatim kebagian jatah yang cukup untuk melanjutkan proses vaksinasi masyarakat untuk mencapai kekebalan imunitas,” ungkapnya.

Gubernur Khofifah yang juga merupakan Ketua Umum IKA Unair melanjutkan, dari jumlah 1,2 juta dosis yang siap digunakan itu merupakan hasil produksi pertama dari November 2022 dari target total produksinya yang mencapai 5 juta dosis.

Artinya, terdapat sisa yakni 3,8 juta dosis yang masih dalam proses produksi. Bahkan, target produksi Inavac tahun ini pun lebih besar. Bakal mencapai 15–20 juta dosis.

“Selain untuk percepatan vaksinasi dalam negeri, sebagian dosis itu akan diekspor ke negara-negara yang membutuhkan,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *