Pemerintahan

Gandeng GMNI, Bakesbangpol Probolinggo Perangi Radikalisme

202
×

Gandeng GMNI, Bakesbangpol Probolinggo Perangi Radikalisme

Sebarkan artikel ini
\GMNI BAKESBANGPOL
Bersama GMNI, Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo mengajak mahasiswa untuk ikut andil dalam memerangi radikalisme

BERITABANGSA.COM – PROBOLINGGO – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo, mengajak mahasiswa melalui Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) memerangi radikalisme.

Memerangi paham radikalisme yang bisa menyasar siapapun termasuk kalangan mahasiswa dan akademisi.

Scroll untuk melihat berita

Kepala Bakesbangpol mengatakan itu saat menghadiru Kaderisasi Tingkat Dasar (KTD) DPC GMNI Probolinggo, Sabtu, 22 Oktober 2022.

Mereka berasal dari mahasiswa Universitas Panca Marga, Universitas Nurul Jadid maupun Universitas Islam Zainul Hasan (Unzah) Genggong.

Dalam paparannya, Kepala Bidang Kajian Strategis Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo, Andi Wiroso, mengatakan, mahasiswa punya peran penting dalam menjaga persoalan kebangsaan dari paparan radikalisme.

“Kenapa mahasiswa punya peran penting dalam menjaga NKRI dari radikalisme? Karena siapa saja bisa terpapar, termasuk mahasiswa maupun sektor akademisi,” jelasnya di Agrowisata Kokap, Sumberbendo Kecamatan Sumberasih.

Atas hal itu, pihaknya mengajak ikut serta mahasiswa untuk menjadi pilar penyampai wawasan kebangsaan. Terlebih lagi, DPC GMNI Probolinggo yang punya peran penting dalam menjaga nasionalisme.

Sementara itu, Ketua Persatuan Alumni GMNI Probolinggo Sukardi Mito yang juga hadir menyampaikan, salah satu hal penting mahasiswa dalam upaya menjaga NKRI dari radikalisme melalui organisasi.

“Melalui organisasi, terlebih lagi berwawasan nasionalisme menjadi tameng yang ampuh untuk melindungi tidak hanya dirinya tapi juga bangsanya dari pengaruh radikalisme,” tegasnya.

Melalui kesempatan kaderisasi di GMNI Probolinggo, mahasiswa akan dibekali pentingnya nasionalisme, pilar kebangsaan maupun antisipasi dari paham luar yang membahayakan bangsa dan negara.

Pihaknya juga berterima kasih kepada Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo, yang turut hadir bersama GMNI menjawab tantangan zaman termasuk radikalisme.

Diketahui, KTD DPC GMNI Probolinggo digelar sejak Jumat, 21 Oktober hingga Minggu 23 Oktober 2022. KTD yang bertemakan “Membentuk Karakter Mahasiswa dengan Api Pemikiran Bung Karno Guna Mewujudkan Harapan Marhaenisme.”

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *