Polri

Kapolres Tulungagung Pimpin Apel Besar, Tekankan Maksimalkan Kinerja Bhabinkamtibmas

48
×

Kapolres Tulungagung Pimpin Apel Besar, Tekankan Maksimalkan Kinerja Bhabinkamtibmas

Sebarkan artikel ini
foto bersama Bhabinkantibmas seluruh Polsek dijajaran Polres Tulungagung
Sesi foto bersama Bhabinkantibmas seluruh Polsek dijajaran Polres Tulungagung. (Foto: Andi)

BERITABANGSA.COM-TULUNGAGUNG – Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto, memimpin langsung apel besar Bhabinkamtibmas. Pengecekan kelengkapan dan kondisi barang inventaris dilakukan kepada Bhabinkamtibmas Polsek di jajaran Polres Tulungagung

Apel besar ini berlangsung di GOR Lembupeteng pada Kamis (18/08/2022) pagi dan dihadiri oleh Wakapolres, para Pejabat Utama Polres Tulungagung, Kapolsek Jajaran, para Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran Polres Tulungagung.

Kapolres AKBP Eko Hartanto, menegaskan sesuai UU Nomor 2 Tahun 2002 Pasal 13, Polri sebagai institusi yang mengemban tugas pemeliharaan keamanan, ketertiban, perlindungan, pengayoman, pelayanan, dan penegakan hukum bagi pelanggar hukum.

Tantangan tugas yang diemban Polri dari waktu ke waktu semakin kompleks dan dinamis.

“Tantangan tugas ini memerlukan jawaban berupa peningkatan kinerja di semua bidang, tugas Polri serta adanya terobosan kreatif yang mampu menyempurnakan pelayanan Polri kepada masyarakat,” ucapnya.

“Seperti fluktuasi dinamika kejadian di masyarakat menuntut semua personel Polri tidak hanya Bhabinkamtibmas saja, untuk lebih mampu bertindak, meningkatkan semangat pengabdian terbaik ke masyarakat yakni menjaga Harkamtibmas,” sambung Kapolres.

Ditambahkan, pandemi Covid-19 saat ini juga mengalami peningkatan meskipun fluktuasinya naik turun.

Selain upaya preventif dengan mengingatkan protokol kesehatan, Polri juga bertugas mencegah penyebaran PMK. Ini tentu membutuhkan kerja keras dan dukungan dari semua personel, karena fungsinya sangat vital di masyarakat

“Untuk itu saya minta tolong kepada seluruh Bhabinkamtibmas dan anggota jajaran Polres Tulungagung yang kita cintai ini harus meningkatkan performanya, pengabdiannya pada masyarakat karena teman- teman ini adalah garda terdepan, tangan-tangan saya yang ada di lapangan untuk menyukseskan semua program pemerintah,” terang AKBP Eko Hartanto.

Eko Hartanto bangga dan berharap kepada seluruh Bhabinkamtibmas (BKTM) sebanyak 271 di seluruh kelurahan dan desa di wilayah Kabupaten Tulungagung, sudah ideal.

“Teman-temanlah yang turun langsung ke lapangan yakni ke desa maupun kelurahan binaan, dan saya minta tolong lebih rajin lagi melakukan penggalangan kepada tokoh-tokoh agama, masyarakat, pemuda, stakeholder yang ada,” tambahnya.

Beberapa program juga telah diluncurkan oleh pimpinan Polri dalam rangka meningkatkan kemampuan, memberikan pengetahuan, ketrampilan dan profesionalisme kepada personel BKTM dalam mengemban tugas guna memberikan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat.

Metode dan sistem pelaporan BKTM saat ini tentunya sudah berbasis IT sehingga memerlukan kecepatan serta penguasaan berbagai aplikasi penunjang dan semua harus dikuasai oleh anggota Bhabinkamtibmas.

“Jadi secara global dan internasional yang namanya perkembangan teknologi informasi semakin maju secara pesat, untuk itu kita mau atau tidak mau harus juga mengikutinya. Dan saya minta penggunaan aplikasi aplikasi yang telah dibuat seperti Binmas Online System (BOS V2) lebih dioptimalkan lagi,” tandasnya.

Guna menunjang kinerja dan pelaporan Bhabinkamtibmas, Kapolres menyampaikan bahwa pimpinan Polri telah memberikan dukungan berupa sarana dan prasarana seperti diantaranya ranmor dinas agar dirawat sebaik mungkin.

“Rawatlah dengan sebaik – baiknya sarana dan prasarana barang yang telah diberikan semua guna mendukung kelancaran tugas dilapangan seperti milik kita sendiri meskipun hanya sebatas hak memakainya saja,” imbuhnya.

Untuk itu Kapolres juga meminta kepada seluruh Kapolsek untuk selalu mengajak BKTM dalam melakukan penggalangan komunikasi di lapangan.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *