Koarmada II Gelar Serbuan Vaksin Pada HUT TNI ke-76

Keterangan foto : Tampak salah satu tenaga kesehatan dari Koarmada II saat menyuntik vaksin ke pelajar di Ponpes Ngalah, Pasuruan.

Beritabangsa.com, Pasuruan — Serangkaian kegiatan dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat dalam rangka memperingati HUT TNI ke-76, mulai dari menggelar Upacara Dirgahayu TNI hingga melakukan bakti sosial.

Seperti yang dilakukan TNI Angkatan Laut dalam hal ini Komando Armada II (Koarmada II) menggelar peringatan HUT TNI ke-76 dengan Serbuan Vaksinasi di wilayah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (5/10/2021).

Bacaan Lainnya
banner 1024x1453

Pada puncak peringatan HUT TNI Ke-76, kali ini Koarmada II bekerjasama dengan TNI Polri di Jawa Timur dan pemerintah Kabupaten Pasuruan melaksanakan serbuan vaksinasi di Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan. Sebanyak 8.000 vaksin Sinovac dengan menyasar para santri, pelajar serta masyarakat sekitar.

Berita Menarik Lainnya:  HGN 2021, Para Guru Wajib Upgrade Kemampuan dan Kompetensi Digital

Serbuan Vaksin di Ponpes Ngalah Pasuruan ini melibatkan tenaga kesehatan setempat sebanyak 200 orang, nakes TNI AL 38 orang, Nakes TNI AD 10 orang, Nakes TNI AU 10 orang, nakes polri 1 tim (10 orang) dengan menggunakan P Care wilayah Dinas Kesehatan Pemkab Pasuruan.

Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P, M.Tr.(Han) bersama Bupati Pasuruan H. M. Irsyad Yusuf, S.E., MMA., didampingi Dansatgas serbuan vaksinasi Pasuruan Kolonel Laut (P) Ludfy, S.T., MMDS, serta pejabat Pemkab Pasuruan meninjau langsung pelaksanaan serbuan vaksinasi.

Pangkoarmada II Laksda Iwan mengatakan, serbuan vaksin tersebut untuk menyambut HUT TNI ke-76 serta mendukung program pemerintah guna percepatan vaksinasi demi tercapainya Kekebalan Kelompok (Herd Immunity) seluruh rakyat Indonesia.

“TNI AL sendiri dalam membantu pemerintah menanggulangi Covid-19 telah melaksanakan dan berupaya konsisten untuk terus melaksanakan program prioritas penanggulangan Covid-19,” kata Laksda Iwan.

Berita Menarik Lainnya:  Kapriyanto : Kader Ansor Selalu Siap Jadi Pahlawan Masa Kini

Laksda Iwan menuturkan, bahwa kegiatan itu adalah perintah langsung Panglima TNI melalui Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., kepada seluruh jajaran TNI dari Sabang hingga Merauke.

Selain melaksanakan serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim, Koaramada II juga menyediakan ruang tambahan perawatan baik di RSAL maupun memanfaatkan gedung yang ada, dukungan oksigen medis melalui Posko Bantuan Oksigen, serta sumbangan darah dengan melaksanakan donor darah konvalesen dan regular.

“Semua program tersebut dilaksanakan dengan mengerahkan seluruh sumber daya atau sarana prasarana yang dimiliki setiap jajaran TNI AL,” jelas Laksda Iwan.

Diketahui, Koarmada II selama ini telah menjalin kerjasama dengan sejumlah pemerintah Kabupaten/Kota untuk memberikan vaksinasi gratis tahap ke-1 maupun ke-2, kepada masyarakat di pulau-pulau terpencil, daerah pesisir, dan perkotaaan seperti Pulau Sapeken, Pulau Bawean, Kabupaten Lamongan, Bangkalan, kemudian Kota Surabaya dan Malang Raya.

Berita Menarik Lainnya:  Momentum Hari Pahlawan, ini Pesan Bupati Salwa

Dilanjutkan dengan Kabupaten Tegal, Trenggalek, Kediri, Bangkalan, Sidoarjo dan Gresik.

“Selain itu Koarmada II juga telah berkontribusi memperkuat imunitas tubuh para pekerja pelabuhan dan sektor maritim di Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelindo 3, kemudian para pekerja pabrik hingga pekerja media,” ungkapnya.

Sementara itu untuk memperlancar proses vaksinasi, satgas yang dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Ludfy, S.T., MMDS ini telah menyiapkan alur dan prosedur yang harus diikuti oleh seluruh peserta vaksin.

Diawali dengan registrasi, sebagai filter awal persyaratan Vaksin. Kemudian screening sebagai kegiatan filter lanjutan oleh tenaga kesehatan, berikutnya vaksinasi, dan terakhir entry data yaitu pengisian data warga yang telah di vaksin oleh tim dari Pemkab Pasuruan dan TNI AL yang berlokasi di setiap titik lokasi serbuan vaksin.

banner 1024x1280

Pos terkait

banner 1024x697

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *