Pariwisata

Wabup Bondowoso Optimis Tirta Agung Masuk 10 Besar Dewinas

43
×

Wabup Bondowoso Optimis Tirta Agung Masuk 10 Besar Dewinas

Sebarkan artikel ini
Wabup Bondowoso
Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bahtiar Rahmat

BERITABANGSA.COM-BONDOWOSO- Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar mengatakan Desa Wisata Tirta Agung Bondowoso diyakini masuk 50 besar desa wisata nasional (Dewinas).

Hal itu disampaikan menjelang penilaian nominasi 10 besar Dewinas oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, yang akan datang langsung ke desa wisata (Dewi) Tirta Agung, Minggu, besok.

Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bahtiar Rahmat, optimis Dewi Tirta Agung didorong agar masuk 10 besar nominasi Dewinas se-Indonesia.

“Kalau masuk 10 besar, nanti akan menjadi satu rangkaian dengan Ijen Geopark,”katanya.

Menurut Wabup Irwan, konsep berkelanjutan dalam mempromosikan pariwisata, tidak hanya dikala ada Menteri pembangunan dan promosi wisata datang ke Bondowoso namun tetap terus berjalan.

“Tirta Agung harus berbenah, bukan hanya karena kedatangan Pak Menteri ya,”ujar Wabup Irwan.

Peluang untuk masuk dalam nominasi 10 besar Dewinas, kata Irwan, sangatlah besar. Sebab Dewi Tirta Agung memiliki potensi alam yang sangat bagus, dan didukung pemuda desa yang sangat peduli

“UMKMnya di sana juga berjalan. Ini yang membuat saya optimis Tirta Agung masuk dalam 10 besar,” terang Ketua DPC PDI Perjuangan Bondowoso ini.

Wabup Irwan menambahkan, jika Tirta Agung masuk 10 besar, akan ada kolaborasi dukungan anggaran dari APBD dengan dana desa wujud dukungan pemerintah kabupaten.

“Nanti dari kita juga akan mempromosikan Desa Wisata Tirta Agung menjadi destinasi wisata yang ada di Bondowoso,”tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda, dan Olahraga, Mulyadi, mengakui, peluang Dewi Tirta Agung masuk 10 besar Nasional sangat besar, karena faktor alam yang sangat mendukung.

“Terutama sumber air, di sana sangat mendukung tanpa dilakukan pemompaan atau pengeboran, tinggal bagaimana pemanfaatan sumber daya alam yang disana,”ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Haeriyah Yulianti, mengatakan, bahwa keberhasilan Bumdes dalam mengelola wisata Tirta Agung ini menjadi motivasi bagi Bumdes yang lain untuk melakukan upaya serupa.

“Kalau Tirta Agung ini bisa, mengapa Bumdes yang lain tidak bisa. Toh kondisi alam di Bondowoso ini tidak jauh berbeda,”kata mantan Kadiskominfo itu.

Menurut Haeriyah, jika Bumdes dalam sebuah desa itu maju maka akan sangat berdampak pada perekonomian masyarakat dan turut serta menjadikan PADes (Pendapatan Asli Desa) menjadi lebih besar.

“Ketika PADes lebih besar maka bisa dimanfaatkan untuk pembangunan di desa itu,”pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *