Pariwisata

Begini Potret Tirta Agung Juara 2 Desa Wisata Nasional

61
×

Begini Potret Tirta Agung Juara 2 Desa Wisata Nasional

Sebarkan artikel ini
TIRTA AGUNG
Bupati Bondowoso, Drs. Salwa Arifin bersama Kadisparbudpora, Mulyadi dan pengelola Tirta Agung, Fadil Susanto

BERITABANGSA.COM-BONDOWOSO – Desa Wisata Tirta Agung Kabupaten Bondowoso, juara 2 kategori Desa Wisata rintisan dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, Minggu (30/10/2022) oleh Menparekraf RI.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, sempat mengunjungi Tirta Agung di Desa Sukosari Kidul, Kecamatan Sumber Wringin, Minggu (7/8) untuk penilaian. Desa ini telah masuk dalam 50 besar desa wisata tingkat nasional.

Scroll untuk melihat berita

Menparekraf, Sandiaga Uno menyerahkan penghargaan tersebut kepada Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin yang didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda Dan Olahraga (Disparbudpora) dan Ketua Pengelola Desa Wisata Tirta Agung, Fadil Susanto.

Desa Wisata yang berada di Desa Sukosari Kidul, Kecamatan Sumberwringin ini menerima uang pembinaan sebesar Rp30 juta, trophy dan binaan dari PT Astra.

Ketua Pengelola Desa Wisata ini, Fadil Susanto menerangkan bahwa TirtaAgung telah melalui proses panjang untuk bisa meraih penghargaan tersebut.

“Tirta Agung awalnya masuk di 3700 sekian, itu kita masuk 500 besar. Kemudian lalu masuk 300 besar, 100 besar hingga 50 besar. Baru kemarin kita dikunjungi Mas Menteri bersama juri, ” katanya saat dikonfirmasi Beritabangsa.com, Selasa (8/11/2022).

Menurutnya, Tirta Agung masuk juara kategori Desa Wisata Rintisan karena masih tergolong baru.

“Baru 2018 membangun, 2019 peresmian. Alhamdulillah tadi malam pengumunan kita masuk nomer dua terbaik kategori Desa Rintisan,” ujarnya melalui selulernya.

Dari awal, kata Fadil, pihaknya bekerjasama dengan masyarakat dan pemuda desa setempat untuk menyulap tempat kumuh menjadi destinasi wisata yang menawarkan banyak hal.

“Karena memang tempat kami dulunya tempat pembuangan sampah, itu yang kita garap, kita bersihkan, gotong-royong dari awal teman-teman pemuda lainnya, ” ungkap Fadil.

Sampai akhirnya, kini Tirta Agung menjadi Desa Wisata yang menawarkan tujuan paket wisata seperti UMKM, sekolah kopi, susu Etawa dan produksi batik yang menjadi unggulan di desa tersebut.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *