Life Style

Inilah Gejala Masuk Angin dan Penyebabnya

221
×

Inilah Gejala Masuk Angin dan Penyebabnya

Sebarkan artikel ini
gejala masuk angin
Ilustrasi gejala masuk angin (Sumber: fizkes – Getty Images Pro)

BERITABANGSA.COM – Salah satu jenis penyakit yang kerap dialami banyak orang adalah masuk angin. Keluhan ketika tubuh mulai terasa tidak enak, perut kembung, hingga mual dan muntah menjadi salah satu pertanda masuk angin. Terlebih lagi ketika pergantian musim atau hujan mulai rutin datang. Masuk angin pun menjadi penyakit yang sering dirasa berbagai kalangan, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak.

Sebenarnya sebutan “masuk angin” bisa dikatakan bukan berasal dari istilah medis. Bahkan belum ada penelitian yang bisa memastikan tentang adanya angin yang terjebak dan berdiam di dalam tubuh sehingga menimbulkan penyakit. Namun kesamaan gejala yang timbul di banyak orang pada akhirnya membuat masuk angin terus sebuah menjadi penyakit umum di masyarakat.

Scroll untuk melihat berita

Cara penanganan masuk angin pun berbeda-beda, mulai dari cara-cara tradisional seperti meminum jamu hingga mengkonsumsi obat-obatan dengan resep yang diberikan dokter. Oleh karena itu, yuk, kenali gejala masuk angin dan penyebabnya sehingga kelak Anda bisa melakukan pencegahan dan penanganan dengan tepat

Ciri-ciri Gejala Masuk Angin dan Penyebabnya

gejala masuk angin
Ilustrasi gejala masuk angin (Sumber: gokgakphotos – Canva Pro)

Walaupun beberapa gejala masuk angin pada orang dapat berbeda-beda, namun berikut ini adalah gejala umum yang sering dirasakan kebanyakan orang.

Demam dan Menggigil

Meriang mungkin cocok menggambarkan salah satu ciri-ciri masuk angin. Tubuh yang menggigil tak lupa disertai dengan demam atau suhu tubuh yang meningkat menandakan tubuh yang tidak fit.

Perut Kembung

Perut yang seakan-akan penuh sesak dengan angin tentu membuat tubuh tak nyaman. Inilah yang lalu menjadikan kembung juga termasuk salah satu ciri masuk angin yang biasanya dialami orang.

Sering Mengeluarkan Gas

Selain kembung, tubuh pun akan sering mengeluarkan gas. Baik melalui kentut ataupun sendawa, keduanya merupakan gejala lain dari masuk angin.

Mual atau Muntah

Pada gejala lain yang lebih berat, dengan keadaan perut yang penuh sesak terisi angin, maka timbulnya rasa mual hingga muntah juga bisa terjadi pada penderita masuk angin.

Sakit Kepala

Tak hanya seputar perut, orang yang masuk angin bisa ikut merasakan sakit kepala yang cukup mengganggu.

Menurunnya Nafsu Makan

Terakhir, nafsu makan yang berkurang adalah ciri lain yang juga kerap dirasakan orang yang mengalami masuk angin.

Penyebab masuk angin cukup beragam. Mulai dari gangguan pada fungsi pencernaan di dalam tubuh hingga kondisi fisik yang turun akibat kehujanan atau berada di dalam ruang terbuka dengan cuaca yang kurang baik. Walau belum ada yang bisa memastikan bahwa cuaca adalah penyebab masuk angin, tetapi penyakit ini diamati memang kerap datang ketika cuaca dingin, hujan, atau banyak angin.

Cara Mencegah dan Mengobati Masuk Angin

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mencegah ataupun mengobati jika Anda sudah kadung masuk angin? Mengonsumsi obat herbal seperti Tolak Angin dari Sido Muncul yang bisa Anda dapatkan melalui Blibli adalah salah satu solusinya. Tolak Angin sendiri merupakan obat herbal yang berstandar GMP (Good Manufacturing Product) dan ISO (International Organization of Standardization). Terbuat dari bahan-bahan alami seperti jahe, daun mint, adas, daun cengkeh, dan madu, Tolak Angin mampu meredakan gejala yang timbul akibat masuk angin.

Blibli, sebagai market place ternama asli Indonesia, adalah tempat berbelanja yang tepat bagi Anda yang membutuhkan beragam produk jamu dan obat herbal dari Sido Muncul. Tak hanya itu, Blibli juga terus berinovasi dan menghadirkan jutaan produk pilihan yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan harian Anda lainnya. Dengan opsi pembayaran dan pengiriman yang bervariasi, bertransaksi di Blibli sungguh mudah dan menguntungkan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *