Keagamaan

Tak Hanya di Sidoarjo, Santri dan Masyayikh Jatim Juga Peringati Satu Abad NU di Jombang

221
×

Tak Hanya di Sidoarjo, Santri dan Masyayikh Jatim Juga Peringati Satu Abad NU di Jombang

Sebarkan artikel ini
Ponpes Denanyar
Tampak kegiatan tahlil dan doa bersama santri dan masyayikh Jatim, ketika berlangsung di Masjid Ponpes Denanyar Jombang. Foto : Faiz

BERITABANGSA.ID – JOMBANG – Peringatan satu abad Nahdlatul Ulama (NU) rupanya tak sekadar digelar di Sidoarjo. Bertempat di Pondok Pesantren (Ponpes) Denanyar Jombang, ribuan santri bersama masyayikh Jawa Timur juga memperingati satu abad NU pada Selasa (7/2/2023) sore.

Dalam kegiatan tahlil dan doa bersama di masjid Ponpes Denanyar ini dihadiri oleh Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar, KH Abdurrohman AlKautsar, KH Yusuf Chudori, dan Mentri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar.

Scroll untuk melihat berita

“Inti dari kegiatan ini adalah untuk mengenang, meneladani, sejarah dan juga kebaikan-kebaikan para pendiri Nahdlatul Ulama. Sebenarnya tidak ada tujuan khusus, kalau di Sidoarjo kan acaranya umum dan resepsi. Nah kami di sini, ingin menggelar murni spiritual bersama masyayikh dan ribuan santri putra dan santriwati,” ujar Pengasuh Ponpes Denanyar KH Abdussalam Shohib.

Ulama akrab disapa Gus Salam ini menyebutkan jika kegiatan yang bertempat di Maqbaroh KH Bisri Sansuri ini, sangat penuh untuk digelar.

Betapa tidak disebutkan, untuk mengingat jasa salah satu pendiri Nahdlatul Ulama tersebut.

“Salah satu poin penting yang bisa dipetik dalam momen satu abad NU ini, mengingat sejarah berdirinya NU, jasa para ulama. Kemudian kita ingat dan renungi hingga kembali ingat apa subtansi didirikannya NU. Dengan harapan kita mampu untuk memperjuangkan khidmat kita kepada ummat,” jelasnya di kediamannya.

Pantauan di lokasi, kedatangan para tamu disapa hangat Gus Salah di halaman kediamannya. Mulai dari kedatangan KH Marzuki Mustamar, hingga H Abdul Halim Iskandar yang kini menjabat Ketua DPW PKB Jatim. Usai berjabat tangan, mereka saling sapa dan bercanda-tawa.

Tak lama berselang sekitar pukul 16.00 WIB, mereka berpindah ke masjid untuk mengisi acara tersebut. Kedatangannya di Ponpes Denanyar disambut dengan alunan selawat dari kalangan santri dengan kompak.

Kemudian bersama ribuan santri putra dan putri, acara istighosah, tahlil dan doa bersama dalam memperingati 100 tahun Nahdlatul Ulama dimulai. Pantauan di lokasi, acara berlangsung khidmat dan lancar.

Sebelum beranjak pergi, para tamu melakukan ziarah ke pesarean Hadratussyeikh Kiai Haji Bishri Syansuri.

Selain berdoa sejenak, mereka juga melakukan tabur bunga.

Sekadar diketahui, KH Bisri Syansuri, adalah ulama tokoh Nahdlatul Ulama dan sekaligus pendiri Pondok Pesantren Denanyar Jombang.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *