Khazanah

Bupati Malang Minta Satu Desa Punya Produk Unggulan

54
×

Bupati Malang Minta Satu Desa Punya Produk Unggulan

Sebarkan artikel ini
Bupati Malang, HM Sanusi saat menerima wayang kulit dari Kepala Desa Sitirejo Buang (Samping kiri Bupati Malang)

BERITABANGSA.COM-MALANG – Untuk lebih memajukan desa, Bupati Malang Haji M Sanusi meminta desa terutama Desa Sitirejo memiliki produk unggulan desa.

Demikian disampaikan Bupati Sanusi, saat menghadiri bersih desa dan sedekah bumi di Desa Sitirejo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, yang menampilkan wayang kulit, Sabtu (10/9/2022).

Bupati Malang minta, Desa Sitirejo punya produk unggulan bidang perikanan dan pertanian.

“Saya minta Pak Viktor dari Dinas Perikanan membina menjadi Kampung Ikan, apalagi berbatasan dengan Kota Malang, kata Kepala Desa Pak Buang jualnya gampang,” kata Abah Sanusi, sapaan akrab Bupati Malang.

Nantinya, tidak hanya Desa Sitirejo saja bisa memelihara ikan jenis lele dan nila yang berdampak peningkatan perekonomian masyarakat Wagir.

“Saya harap Kecamatan Wagir nantinya bisa dikemas menjadi sentra ikan karena air tersedia cukup banyak sehingga bisa menghasilkan, potensi setra ikan di Desa Bagelan bisa menghasilkan uang ratusan juta, untuk Pak Camat bisa membina desa- desa di Kecamatan Wagir yang memiliki potensi sentra ikan,” tandasnya.

Selain sentra ikan, Bupati Malang menilai ada beberapa desa di Kecamatan Wagir juga memiliki produk unggulan seperti perkebunan jeruk yang memiliki rasa manis.

“Saya menilai selain sentra ikan, Kecamatan Wagir juga mempunyai perkebunan jeruk, tadi saya cicipi manis manis, itu sudah bagus dan tinggal mengemas yang bagus saja, saya minta Dinas Pertanian Pak Avicena untuk bekerjasama dengan akademisi agar hasil panennya bisa lebih bagus,” beber orang nomor satu di Kabupaten Malang ini.

Bahkan, Bupati Malang juga berkeinginan satu desa satu potensi pariwisata, Jadi selain pengembangan sentra industri ikan dan buah jeruk di Kecamatan Wagir.

“Karena Kecamatan Wagir berdekatan dengan Kota Malang menjadi penyangga kebutuhan masyarakat kota bisa terpenuhi oleh wilayah wilayah yang berbatasan langsung dengan Kota Malang, ya salah satunya Kecamatan Wagir, untuk itu saya berharap pada semua pihak untuk tetap mengembangkan potensi yang ada,” pinta Abah Sanusi.

Sanusi menambahkan, untuk Kabupaten Malang saat ini kebutuhan pangan sudah surplus, jadi Bupati berharap pada masyarakat Wagir yang saat ini melaksanakan sedekah bumi dan bersih desa selalu mendapat limpahan berkah yang bermanfaat bagi warga desanya.

“Kami berharap Desa Sitirejo Wagir yang saat ini menggelar sedekah bumi dan bersih desa selalu mendapat limpahan berkah yang bermanfaat bagi warga desanya serta dijauhi dari musibah dan bencana. Saat ini untuk Kabupaten Malang untuk kebutuhan pangan, kita sudah surplus, Alhamdulillah berkat kerja keras kita semua,” harap Abah Sanusi.

Sementara itu, Kepala Desa Sitirejo, Buang, meminta masyarakat Desa Sitirejo untuk tetap menjaga gotong royong dan guyup dalam membangun desa, “Mudah mudahan ke depannya Desa Sitirejo semakin maju selaras dengan visi misi Malang Makmur. Kami atas nama warga Desa Sitirejo mengucapkan terima kasih atas kedatangan Bupati Malang beserta rombongan pada acara bersih desa dan sedekah bumi ini, semoga kehadiran Bapak Bupati ini bisa memberikan manfaat bagi warga Desa Sitirejo,” pungkas Buang.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *