Kriminal

Operasi Sikat Semeru 2022, 11 Pelaku Curat dan Curanmor Tumbang

96
×

Operasi Sikat Semeru 2022, 11 Pelaku Curat dan Curanmor Tumbang

Sebarkan artikel ini
Curat Curanmor
Para tersangka curat curanmor saat digelandang dihalaman Mapolres Lamongan

BERITABANGSA.COM-LAMONGAN– Polres Lamongan berhasil mengamankan 11 pelaku kejahatan Curat dan Curanmor yang meresahkan masyarakat Kabupaten Lamongan, dalam Ops Sikat Semeru 2022.

Operasi tersebut digelar untuk menciptakan kondusivitas Kamtibmas di Lamongan, khususnya terkait kejahatan seperti curat, curanmor, premanisme, pungli, street crime, penyalahgunaan senpi atau sajam, dan penyelundupan.

Scroll untuk melihat berita

“Untuk rinciannya ada 6 kasus curat dengan tersangka 6 orang, serta 15 kasus curanmor dengan tersangka 5 orang,” ungkap Kapolres AKBP Yakhob Silvana Delareskha, di Mapolres Lamongan, Rabu, (12/10/2022).

Ada beberapa barang bukti yang berhasil diamankan polisi dari berbagai TKP. Antara lain seekor kambing jenis Moreno, 8 ekor kambing Jawa, dan 13 unit motor. Termasuk BB yang telah dikembalikan ke pemilik.

”Iya ada beberapa barang bukti yang kita kembalikan kepada korban seperti kambing, karena hewan itu butuh dirawat. Jika dibutuhkan untuk penyidikan, nanti akan diambil lagi. Dan 4 unit motor juga demikian, korban pinjam pakai untuk mencari nafkah. Sedangkan 1 BB curanmor lagi, masih dalam penyelidikan mendalam,” jelasnya.

Lebih lanjut, AKBP Yakhob mengungkapkan bahwa dari 8 LP yang masuk ke Polres Lamongan terkait curanmor, ternyata kejadiannya di sekitar Masjid. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati saat memarkir sepeda motornya.

“Kalau bisa pastikan motornya dikunci ganda, agar lebih aman saat motor ditinggalkan,” tuturnya

Atas perbuatannya, para tersangka curat ini pun dijerat pasal 363 ayat 1 KUHP, dengan ancaman penjara selama-lamanya 7 tahun. Sedangkan untuk para tersangka curanmor dijerat pasal 362 ayat 1 ke-4E atau 2 KUHP, dengan ancaman 9 tahun penjara.

Sementara itu H Wasio, warga Kecamatan Mantup korban pencurian kambing pada Agustus lalu lega karena kambing kesayangannya ditemukan.

”Saya berterimakasih kepada Bapak Kapoles dan Satreskrim yang mampu menangkap para pelaku kejahatan di Lamongan, semoga Lamongan tetap aman dan kondusif, ” ujarnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *