Ekonomi dan Bisnis

Wow, PDRB Jatim Triwulan III Naik 2,15 Persen, Ekonomi Bangkit

77
×

Wow, PDRB Jatim Triwulan III Naik 2,15 Persen, Ekonomi Bangkit

Sebarkan artikel ini
PDRB

BERITABANGSA.COM- SURABAYA– Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan pertumbuhan ekonomi triwulan III di 2022 Provinsi Jatim tumbuh signifikan. Produk domestik regional bruto (PDRB) triwulanan sebesar 2,15% (q to q) lebih tinggi dari Nasional sebesar 1,81% (q to q).

PDRB merupakan jumlah nilai tambah bruto yang timbul dari seluruh sektor perekonomian di daerah tersebut.

Scroll untuk melihat berita

Di Jatim secara kumulatif pertumbuhan Ekonomi dari periode Januari-September 2022 tercatat sebesar 5,53% (c to c) yang juga lebih tinggi daripada capaian nasional 5,4% (c to c).

Sementara lapangan usaha Jatim yang mencatatkan pertumbuhan tertinggi di pulau Jawa, konstruksi tumbuh 6,20% (q to q) dan real estate tumbuh 5,30% (q to q) diiringi dengan lapangan usaha lain yang tumbuh.

Salah satu catatan menarik adalah PDRB tanpa Migas Jatim tumbuh sebesar 6,13% tercatat tertinggi diantara provinsi se pulau Jawa.

Di tengah melesatnya sektor ekonomi non migas di Jatim, beberapa gangguan produksi yang terjadi di salah satu operator migas utama berkontribusi kepada kontraksi sektor migas.

Hal ini menyebabkan secara agregat, pertumbuhan year on year PDRB include migas di Jatim Triwulan ke-3 berada di angka 5,58 persen.

Kepala BPS Jatin Dadang Hardiwan, mengatakan, pertumbuhan sektor industri pengolahan di Jatim tercatat terbesar kedua (5,60%) setelah Jabar (6,90%).

“Sedangkan untuk sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil juga tercatat terbesar kedua (8,10%) setelah DKI Jakarta (9,65%),” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *