Wow, PDRB Jatim Triwulan III Naik 2,15 Persen, Ekonomi Bangkit

PDRB

BERITABANGSA.COM- SURABAYA– Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan pertumbuhan ekonomi triwulan III di 2022 Provinsi Jatim tumbuh signifikan. Produk domestik regional bruto (PDRB) triwulanan sebesar 2,15% (q to q) lebih tinggi dari Nasional sebesar 1,81% (q to q).

PDRB merupakan jumlah nilai tambah bruto yang timbul dari seluruh sektor perekonomian di daerah tersebut.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  PT KAI Luncurkan Inovasi Layanan Baru Didalam Kereta
banner 1024x1023

Di Jatim secara kumulatif pertumbuhan Ekonomi dari periode Januari-September 2022 tercatat sebesar 5,53% (c to c) yang juga lebih tinggi daripada capaian nasional 5,4% (c to c).

Sementara lapangan usaha Jatim yang mencatatkan pertumbuhan tertinggi di pulau Jawa, konstruksi tumbuh 6,20% (q to q) dan real estate tumbuh 5,30% (q to q) diiringi dengan lapangan usaha lain yang tumbuh.

Berita Menarik Lainnya:  Bentuk Karakter Anak Cinta Alquran, Masjid Al Haq Gelar Pondok Ramadan

Salah satu catatan menarik adalah PDRB tanpa Migas Jatim tumbuh sebesar 6,13% tercatat tertinggi diantara provinsi se pulau Jawa.

Di tengah melesatnya sektor ekonomi non migas di Jatim, beberapa gangguan produksi yang terjadi di salah satu operator migas utama berkontribusi kepada kontraksi sektor migas.

Hal ini menyebabkan secara agregat, pertumbuhan year on year PDRB include migas di Jatim Triwulan ke-3 berada di angka 5,58 persen.

Berita Menarik Lainnya:  Indeks Literasi Keuangan Jatim 2022 Lampaui Target Nasional, Ini Angkanya

Kepala BPS Jatin Dadang Hardiwan, mengatakan, pertumbuhan sektor industri pengolahan di Jatim tercatat terbesar kedua (5,60%) setelah Jabar (6,90%).

“Sedangkan untuk sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil juga tercatat terbesar kedua (8,10%) setelah DKI Jakarta (9,65%),” terangnya.

banner 600x310

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *