Ekonomi dan Bisnis

Terima Konjen RRT, Khofifah Tawarkan Ekspor Porang dan

111
×

Terima Konjen RRT, Khofifah Tawarkan Ekspor Porang dan

Sebarkan artikel ini
konjen RRT

BERITABANGSA.COM-SURABAYA– Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima kunjungan kerja Konsulat Jenderal (Konjen) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xu Yong di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (3/1/2023).

Dalam pertemuan bilateral itu, banyak potensi kerjasama yang dibahas,mulai dari rencana kerjasama bidang ekonomi, perdagangan, pendidikan dan investasi.

Scroll untuk melihat berita

Khofifah secara khusus juga menawarkan kerjasama perdagangan untuk komoditas porang dan sarang burung walet asal Jatim.

Dua komoditas ekspor unggulan itu dinilai sangat berpotensi di masa depan.

“Saya sampaikan harapan agar Jawa Timur, petani porang dan walet agar bisa mendapat akses pasar lebih luas di Tiongkok,” ucap Gubernur Khofifah.

Kata dia Jatim adalah produsen porang terbesar di Indonesia. Porang adalah sumber pangan low carbo, low calorie and gluten free. Pasar terbesarnya adalah Tiongkok.

“Saya harap nanti Pak Konjen bisa mengundang investor untuk datang kesini, ke pabriknya langsung atau invest untuk membangun pabrik di sini untuk memperluas potensi pasar bagi petani porang di sini,” tuturnya.

Kedua, sarang burung walet. Ia menegaskan, total produksi walet nasional, 30 persennya ada di Jatim.

Dengan produksi yang besar, komoditas sarang burung walet Jatim bisa memenuhi kebutuhan konsumsi warga Tiongkok untuk balita di sana.

Optimisme kerjasama perdagangan itu berdasar pada omzet perdagangan Jatim-Tiongkok kurun waktu Januari-Oktober 2022 naik signifikan.

Tercatat nilai ekspor Jawa Timur ke Tiongkok sebesar US$  2.697,87 juta, sedangkan impornya sebesar US$ 5.869,01 juta, mengalami defisit sebesar US$ 3.171,14 juta.

Capaian itu membuat RRT berada di urutan ke-3 sebagai negara tujuan ekspor tertinggi dari Jatim dan berada di urutan pertama sebagai negara asal Impor ke Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *