Ekonomi dan Bisnis

Kini Akses Bayar Pajak Motor Mudah, Pakai SAMKOPI UMKM

46
×

Kini Akses Bayar Pajak Motor Mudah, Pakai SAMKOPI UMKM

Sebarkan artikel ini
Gubernur Khofifaah saat peluncudan Samkopi

BERITABANGSA.COM-SURABAYA – Badan Pendapatan (Bapenda) Jawa Timur menelurkan inovasi akses pembayaran pajak kendaraan bagi masyarakat melalui aplikasi Samsat Koperasi (Samkopi) UMKM dan aplikasi Shopee.

Peluncuran Samkopi UMKM ini ditandai dengan penekanan tablet oleh Gubernur Khofifah didampingi Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Sekdaprov Jatim Adhy Karyono, Wadirlantas Polda Jatim, Ka. Jasa Raharja Jatim, Perwakilan Bank Jatim, Plt. Kepala Bapenda Jatim, dan Kadis Kop dan UMKM Jatim di Kantor Bapenda Jatim, Jalan Manyar Kertoarjo nomor 1, Surabaya, Senin (3/10).

Scroll untuk melihat berita

Samkopi UMKM sendiri, merupakan layanan pembayaran PKB, SWDKLLJ dan pengesahan STNK tahunan berbasis bigital bekerjasama dengan Koperasi UMKM se Jatim. Layanan ini bertujuan untuk mengembangkan usaha UMKM serta memberikan kemudahan pelayanan masyarakat dalam memenuhi kewajiban perpajakan.

Gubernur Khofifah mengatakan inovasi ini sebagai layanan yang melahirkan win-win profit antara koperasi, UMKM, masyarakat dan pemerintah khususnya instansi Bapenda sendiri. Sebab, layanan ini akan memberikan kemudahan akses pembayaran bagi masyarakat dan perluasan jenis usaha.

Menurut Khofifah, inovasi ini juga mendukung layanan One Pesantren One Product (OPOP) yang juga memiliki layanan Samsat.

“Sebetulnya samsat berbasis pesantren (Samsat OPOP) ini sudah banyak. Saya rasa SAMKOPI UMKM ini bagian dari perluasannya,” ujarnya.

Dia mempercayai prediksi Jack Ma, yang mengatakan pada 2030 diprediksi 99 persen UMKM di dunia akan online. Di mana 85 persennya melalui e-commerce serta 80 persen ekonomi dunia akan ditopang oleh UMKM. Di Jatim, UMKM sudah berkontribusi 57,81 persen pada Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB).

Untuk itu, lanjut Khofifah, ketika Koperasi dan UMKM telah masuk pada ekosistem digital, maka kini transaksi sudah tiada batasan (borderless). Masing-masing daerah bisa melakukan transaksi dari mana saja sehingga bisa saling menguatkan.

“Pada momen seperti ini, inovasi-inovasi harus dibuat agar bisa membangun sinergitas lebih kuat, koneksitas lebih luas harus dilakukan bersama-sama,” tandasnya.

Pada forum strategis yang bersamaan dengan tasyakuran HUT Bapenda Jatim ke-60 tahun, Gubernur Khofifah menyampaikan rasa syukur bahwa di usianya yang ke-60, kontribusi Bapenda sangat luar biasa.

“Untuk saudara-saudara kita yang menjadi korban insiden stadion kanjuruhan, baik yang meninggal maupun luka-luka. Saya mohon keikhlasan dan ketulusan untuk mengirimkan Al-Fatihah. Yang meninggal dunia, mudah-mudahan diterima di sisi Allah SWT dan diampuni seluruh khilafnya,” ungkapnya.

“Untuk 32 orang yang sedang dirawat dengan status luka berat, kita hadiahi dengan Al-Fatihah juga. Mudah-mudahan mereka diberi percepatan kesembuhan dan segera bisa kembali seperti semula,” tambahnya.

Sementara itu, Plt. Kepala BAPENDA Jatim Abimanyu Poncoatmodjo menyampaikan, sejak pemberlakuan Kebijakan Bebas PKB 100% angkutan umum orang “Mikrolet dan Ojek Online” mulai tanggal 19 s.d 1 Oktober 2022 (12 hari), terdapat 3.482 unit Mikrolet dan Ojek Online yang memanfaatkan kebijakan ini. Sedangkan untuk Kebijakan Bebas BBN II dan Bebas Denda PKB/BBNKB, telah dimanfaatkan oleh 2.659.335 wajib pajak.

“Antusias masyarakat sangat tinggi dalam memanfaatkan momentum kebijakan pembebasan pajak daerah yang digulirkan Ibu Gubernur. Kebijakan ini diharapkan menjadi bagian ikhtiar Pemprov untuk mendorong terciptanya stabilitas dan pemulihan perekonomian sebagai dampak inflasi dan kenaikan BBM di Jatim,” harapnya.

Di sini secara simbolis tanda dimulainya layanan SAMKOPI UMKM diberikan kepada perwakilan koperasi UMKM di Jatim. Diantaranya, yaitu Koperasi Konsumen Ponpes Hidayatullah As Sakinah, Koperasi karyawan Sampoerna, dan KUB Rosan Kencana.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *