Kepala Dinas Koperasi Jawa Timur Apresiasi Think Indonesia Activity Center & Workshop

Kepala Dinas Koperasi
Founder Think Indonesia Cici Esti Nalurani dengan Kepala Dinas Koperasi Dr. Andromeda Qomaria

BERITABANGSA.COM-SURABAYA – Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur Dr. Andromeda Qomariah mengapresiasi gelaran launching Think Indonesia Activity Center & Workshop.

Menurutnya, Think Indonesia Activity Center & Workshop ini dapat mempermudah pengembangan skill dan potensi bagi anak-anak sekolah baik SD, SMP maupun SMA di era digital.

Bacaan Lainnya
banner 1024x1453

Selain itu juga bisa digunakan masyarakat umum untuk memasarkan produk UMKMnya di era digitalisasi saat ini.

“Saya rasa ini sangat luar biasa. Langkah Think Indonesia ini sangat membantu masyarakat dalam mempercepat digitalisasi marketing UMKM di Jawa Timur,” ujarnya usai mengisi di Studio Podcast Think Indonesia

Berita Menarik Lainnya:  Bank Jatim Gelar RUPS LB, Isi Dua Jabatan Dirut

 

UMKM Jatim Meningkat 57,81 Persen

 

Foto: Kepala Dinas Koperasi (tengah) bersama Wakil Ketua Siberkreasi Mira Sahid (kanan) saat mengisi di Studio Podcast Think Indonesia Activity Center
Foto: Kepala Dinas Koperasi (tengah) bersama Wakil Ketua Siberkreasi Mira Sahid (kanan) saat mengisi di Studio Podcast Think Indonesia Activity Center | Maab

 

Lebih lanjut, Andromeda mengatakan, sejauh ini Pemprov Jatim telah melakukan percepatan UMKM. Pada akhir tahun 2021 UMKM Jawa Timur meningkat menjadi 57,81 persen. Semua itu, dikarenakan masyarakat mulai peka terhadap pemasaran melalui digital.

“Pada akhir tahun 2021, digitalisasi di Jawa Timur mencapai 44 persen. Pada pertengahan Juli 2022 mencapai 46 persen. Artinya pada 2024 nanti target 50 persen bisa tercapai,” jelasnya.

Di samping itu, Dr. Andromeda juga menargetkan percepatan izin berusaha (NIB) bagi pelaku UMKM.

Berita Menarik Lainnya:  GMNI Soroti Perburuan Rente BBM Bersubsidi

“Kami akan terus melakukan sosialisasi dan konsolidasi ke pasar-pasar untuk perizinan NIB. Kami juga meminta agar Kantor Perpajakan segera sosialisasi kepada masyarakat terkait perpajakan UMKM. Jika omset dibawah 500 juta itu tidak dikenai pajak,” pungkasnya.

 

Siberkreasi Indonesia Dorong Pelaku UMKM Pasarkan Produk dengan Digital

 

Foto: Cici saat memberikan cinderamata kepada Mira Sahid, Wakil Ketua Siberkreasi Indonesia
Foto: Cici saat memberikan cinderamata kepada Mira Sahid, Wakil Ketua Siberkreasi Indonesia

 

Sementara Wakil Ketua Siberkreasi Indonesia Mira Sahid mendorong para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya melalui teknologi digital, seperti marketplace dan media sosial yang ada. Sebab, pengguna digital saat ini kian meningkat.

“Saya mendorong kepada para pelaku UMKM agar beraktivitas dan memasarkan produknya sesuai kaidah-kaidah dan etika dalam percakapan digital,” ungkap Mira saat menghadiri kegiatan Launching Think Indonesia Activity Center & Workshop di Jalan Mastrip No.28-28A Kota Surabaya, Minggu (28/08/2022).

Berita Menarik Lainnya:  Selain Pelebaran Jalan Bangah-Aloha, Gus Muhdlor Juga Bangun Taman

Selain itu Mira menjelaskan, Siberkreasi merupakan Gerakan Nasional Literasi Digital yang mendukung & menyebarkan konten positif di media sosial. Terdapat empat pilar yang menjadi pijakan Siberkreasi dalam berpartisipasi dalam ruang lingkup digital. Yakni, kecakapan digital, budaya digital, etika digital dan keamanan digital.

“Nah, dalam pasal UMKM ini masuk dalam ranah kecakapan digital. Sehingga para pelaku UMKM didorong agar memproduksi dan mendistribusikan konten UMKM dengan kaidah dan etika digital dengan baik dan benar,” jelas Mira.

banner 1024x1280

Pos terkait

banner 1024x697

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *