Ekonomi dan Bisnis

Ini Baru Mantap, Jatim Ekspor Sambel Uleg ke Belanda

93
×

Ini Baru Mantap, Jatim Ekspor Sambel Uleg ke Belanda

Sebarkan artikel ini
Jatim Ekspor
Gubrnur Jawa Timur saat melepas ekspor sambal uleg ke Belanda

BERITABANGSA.COM-SURABAYA– Jawa Timur (Jatim) leading dalam inovasi produk untuk ekspor ke luar negeri. Kali ini, kerupuk udang dan sambel uleg dikirim ke Belanda.

Kemudian, Kopi ke Korea, cairan penta resin ke Jepang, produk olahan ikan laut ke Belanda serta produk sepeda angin ke Chile.

Scroll untuk melihat berita

Nilai ekspor Jatim, periode Januari – September 2022 mencapai USD 18,08 miliar atau meningkat 8,45% (y-on-y) dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Sementara, ekspor non migas Jatim pada Januari – September 2022 tumbuh positif sebesar 11,17% (y-on-y) dengan nilai ekspor mencapai USD 17,19 Miliar.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa ketika dikonfirmasi, menjelaskan pihaknya melepas produk ekspor senilai USD 1,46 juta dari lima perusahaan asal Jatim ke empat negara tujuan, Jepang, Belanda, Chile dan Korea Selatan.

Dia mengatakan Pemprov Jawa Timur berkomitmen untuk mendukung pengusaha, pabrikan, UMKM dan eksportir skala besar menembus pasar luar negeri.

“Kita dorong semangat kepada pelaku usaha di Jawa Timur, bahwa ekspor itu mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja,” ujarnya, di sela East Java Export Festival di Hotel Novotel Samator Surabaya, pada Selasa (1/11/2022).

Tiap bulan, ekspor non migas berkontribusi signifikan terhadap total capaian ekspor. Pada September 2022 saja, sebesar 93,32% total ekspor Jawa Timur ditopang oleh barang non migas.

Menurutnya, potensi perdagangan ekspor ke luar negeri asal Jatim harus terus didorong dari berbagai sektor dan komoditas.

Dalam East Java Export Festival kali ini juga didirikan booth layanan fasilitasi, konsultasi, dan bimbingan calon eksportir atau eksportir agar mampu ekspor dan memperluas jangkauan ekspornya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *