Ekonomi dan Bisnis

Gubernur Khofifah Apresiasi Forum Silaturahmi UMKM Kota Probolinggo

87
×

Gubernur Khofifah Apresiasi Forum Silaturahmi UMKM Kota Probolinggo

Sebarkan artikel ini
UMKM Kota Probolinggo
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri forum silaturahmi komunitas sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Probolinggo

BERITABANGSA.ID – PROBOLINGGO – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri forum silaturahmi komunitas sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Probolinggo di Alun-alun Kota Probolinggo, Senin (30/1) malam.

Khofifah optimistis upaya ini akan terus mendorong sektor UMKM naik kelas dan mampu menembus pasar ekspor. Karenanya, ia mengapresiasi komitmen Pemkot Probolinggo.

Bukan tanpa alasan, sektor UMKM dan Koperasi sebanyak 9,78 juta di Jawa Timur telah menjadi tulang punggung perekonomian daerah.

Pada 2021 lalu, UMKM dan Koperasi berkontribusi sebesar 57,81% terhadap PDRB Jatim. Kontribusi itu meningkat 0,56% dibandingkan 2020.

“Hari demi hari, jaringan dari sertifikasi halal, merek dagang dan akses ekspor produk UMKM kita makin berkembang,” tutur Gubernur Khofifah.

Untuk itu, Khofifah kembali mengajak seluruh pelaku UMKM, di Kota Probolinggo, terus semangat menjalankan usaha.

Dia menekankan kepada pelaku UMKM untuk bersiap menyambut persaingan global.

Pemprov Jatim sedang fokus pada program communal branding atau merek dagang bersama, untuk menembus pasar yang lebih besar dan luas.

Selain itu, Pemprov Jatim juga menyiapkan rumah-rumah kurasi untuk jadi tempat kurasi produk agar terstandarisasi pasar ekspor.

“Rumah kurasi ini tujuannya adalah menaikkan kelas UMKM dan memberi mindset baru bagi pelaku UMKM bahwa ekspor itu mudah,” ujar Khofifah.

Dia mengatakan rencananya pada 3 Februari, akan ada peluncuran Toko Strain Mall di Damansara, Malaysia. Dari total luas 5.000 meter persegi, 10% nya untuk produk UMKM dari Jatim.

“Nanti mereka juga akan melakukan business trip ke Jawa Timur. Produk-produk dari kota Probolinggo yang siap dikunjungi oleh pelaku bisnis dari Malaysia monggo disiapkan,” jelas Khofifah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *