Ekonomi dan Bisnis

Budidaya Ikan Tawar, Pria di Jombang Ini Raup Cuan Puluhan Juta Per Bulan

145
×

Budidaya Ikan Tawar, Pria di Jombang Ini Raup Cuan Puluhan Juta Per Bulan

Sebarkan artikel ini
Peternak ikan tawar
Tampak Akhmad Khasani, ketika berhasil menangkap ikan di tempat usahanya. Foto : Faiz

BERITABANGSA.ID – JOMBANG – Akhmad Khasani. Pria asal Jombang, Jawa Timur, ini sukses menggeluti usaha budidaya ikan tawar.
Dari usaha yang awalnya iseng itu, kini mampu meraup puluhan juta rupiah per bulan.

Pria yang berasal dari Desa Rejoagung, Kecamatan Ngoro, Jombang, 43 tahun lalu itu, membudidaya 3 jenis ikan tawar yang ditempati di lahan pertanian, yakni ikan bawal, ikan patin, dan ikan nila.

Scroll untuk melihat berita

“Ini usaha budidaya ikan tawar, ada bawal, ada patin dan ada nila. Usaha ini sejak 2017 lalu, berawal dari iseng dan hobi mancing. Saya coba satu petak, Alhamdulillah berjalan lancar,” ujar Khasani kepada Beritabangsa.id pada Kamis (26/1/2023) pagi.

Berawal dari satu petak, kini ia mampu mempunyai 30 petak dengan jumlah ratusan ribu ikan tawar.

Setiap harinya, kini dia hanya memantau dan memberi pakan saja.

“Ikan bawal 10 petak, ikan patin 25 petak. Kalau jumlah ikannya sekitar 500 ribuan ekor. Sekarang tiap pagi lihat-lihat kolam, beri pakan, bantu pekerja saya di sini,” jelasnya.

Jenis pakan ikan yang diberikan diakui hasil buatan sendiri. Pakan alternatif itu yakni, biji kapuk dan limbah rumah potong ayam.

“Kalau pakan pabrik pakai shinta dan pilar. Kita tambah pakan alternatif juga. Jadi setiap harinya itu bisa menghabiskan 1-2 kuintal pakan,” katanya.

Waktu panen tak menentu. Namun seringkali sebulan sekali, bahkan lebih. Sekali panen, ia mampu meraup 50- 60 ton ikan tawar.

“Sekali panen biasanya sampai 50 hingga 60 ton. Kalau harga jualnya saya jual per kilogramnya 15 ribu rupiah. Sementara untuk keuntungan per bulannya 20 hingga 30 juta rupiah,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *