Gubernur Jatim Datangi Terdampak Semeru, Pastikan Masyarakat Aman

Erupsi Gunung Semeru
Gubernur Khofifah saat mengunjungi pengungsi

BERITABANGSA.COM-LUMAJANG – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq sambut kedatangan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama rombongan Forkopimda Provinsi Jawa Timur, di Posko Darurat Penanganan Bencana Balai Desa Penanggal Kecamatan Candipuro, Senin (5/12/2022) siang tadi.

Kedatangan Khofifah Indar Parawansa bersama rombongan ini untuk memastikan kondisi masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru Minggu (4/12/2022).

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  30 Personel Polres Tanjung Perak Naik Pangkat
banner 1024x1023

“Hari ini, Gubernur Provinsi Jawa Timur didampingi Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jawa Timur meninjau kami semua yang sekarang terdampak APG erupsi Gunung Semeru,” ujar Bupati Lumajang.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Lumajang yang akrab disapa Cak Thoriq juga memaparkan terkait kondisi saat ini yang relatif lebih aman, tetapi status yang dikeluarkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Level IV berstatus Awas.

“Kami akan melakukan langkah-langkah terkait dengan penanganan pengungsi dan prioritas terhadap masyarakat yang berada di tepian aliran lahar untuk supaya aman, termasuk juga antisipasi kalau adanya curah hujan tinggi terutama dipuncak Semeru karena di atas masih ada APG yang potensinya kalau ada curah hujan tinggi bisa menurunkan lahar dingin,” ungkapnya.

Berita Menarik Lainnya:  Bakesbangpol Pemkot Blitar Gelar Jambore Ormas Harmoni Menuju Blitar Keren

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengajak terus membangun sinergi untuk bergerak melakukan evakuasi, mengingat masih ada potensi terjadinya lahar dingin.

Gubernur Jawa Timur, Bupati Lumajang, tim kesehatan dan tim dapur umum dari Pemprov Jatim menyiapkan lahan di Pronojiwo, meskipun tim BPBD Pemprov juga menyiapkan di Candipuro.

“Kita semua memiliki tugas untuk menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat. Masyarakat di sini saya rasa sudah mengenali, maka kami imbau melakukan evakuasi diri menjadi penting. Insyaallah logistik dan layanan kesehatan sudah cukup, baik disini maupun di Pronojiwo,” pungkasnya.

Berita Menarik Lainnya:  Waspada Ombak Tinggi, Nelayan Diimbau Tidak Melaut

Dalam kunjungannya, Khofifah menyerahkan bantuan sembako, makanan instan (sarden), masker, kain anak dan dewasa, masker medis, selimut, kasur lipat, bantal, pakaian layak pakai, air mineral, alat mandi dan cuci pakaian, serta terpal.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *