Bupati Malang Dorong Ekonomi Kerakyatan Berbasis Ormas NU

Bupati Malang H.M Sanusi saat menghadiri Harlah NU ke 96 dan peresmian Tajmart koperasi milik NU di Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. (Foto: Soeseno)

BERITABANGSA.COM-MALANG – Pemerintah Kabupaten Malang akan mendorong peluang kepada masyarakatnya dalam mengembangkan kemandirian dan ekonomi kerakyatan berbasis organisasi, salah satunya Nahdlatul Ulama yang hari ini memperingati Hari Lahirnya ke- 96.

Bupati Malang HM Sanusi mengatakan, pihaknya akan mendorong kemandirian ekonominya yang bergerak melalui wadah organisasi NU atau koperasi.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Desa Trosobo Dapat BK 1,1 Miliar, Ada Warga yang Lapor ke Kejaksaan
banner 1024x1023

“Kami akan dorong terus dan memberikan suport pada koperasi atau wadah NU dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan dan kemandirian dengan mengembangkan potensi yang ada di wilayahnya,” kata Bupati Malang H.M Sanusi saat menghadiri Harlah NU dan membuka Tajmart yang merupakan koperasi milik warga NU di Pakis, Senin (31/1/2022) siang.

Bupati Malang menambahkan, ke depan pihaknya akan memfasilitasi segi teknis usaha dan permodalan dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan tersebut.

“Untuk permodalan, kita sedang merangcang memberikan permodalan melalui Kredit Usaha Rakyat tanpa bunga, karena Pemerintah Pusat dan Pemkab memberikan subsidi masing-masing 3 persen. Mudah-mudahan tahun depan bisa dilaksanakan,” jelas Sanusi.

Berita Menarik Lainnya:  PPKM Diperpanjang, Bupati Salwa Imbau Masyarakat Lebih Taat Prokes

Sanusi menjelaskan penganggaran permodalan tanpa bunga tersebut, akan diambilkan di APBD 2023 untuk pembayaran hutang bunga.

“Saat ini kita masih dalam pembicaraan aturan hukum dan aturan main terkait permodalan tanpa bunga dengan BRI dan BNI,” beber Bupati Sanusi.

Dia minta pengelolaan Tajmart yang merupakan wadah koperasi milik warga NU harus dikelola dengan profesional dan bisa melihat potensi di wilayah dalam mengembangkan usahanya.

Berita Menarik Lainnya:  Bekali Personil Polda Jateng, Kabaharkam Sebut Bhabinkamtibmas Garda Terdepan Tangani Pandemi

“Harapan saya Tajmart bersifat profesional dalam mengembangkan usahanya, mampu melihat potensi dan bisa mengembangkan inovasi yang pada akhirnya Tajmart menjadi koperasi yang bisa mensejahterakan warga masyarakat dan khususnya warga NU,” tegasnya.

Nantinya warga NU yang memiliki produk rumahan seperti produksi jenis keripik maupun yang lain dapat di titipkan di koperasi Tajmart ini.

“Saya ucapkan banyak terima kasih pada KAN Pakis yang banyak membantu dan mensuport Tajmart ini,” pungkas Sanusi.

banner 600x310

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *