Opini

Pentingnya Asupan Gizi pada Bayi Sampai Balita

216
×

Pentingnya Asupan Gizi pada Bayi Sampai Balita

Sebarkan artikel ini
Gizi
Annas Buanasita

4. Pengenalan rasa makanan pada anak usia di atas 12 bulan

Anak di atas usia 1 tahun ASI masih diperlukan untuk kontribusi untuk kebutuhan gizi bayi, yaitu sekitar 25-30% selebihnya 75% untuk MPASI dan untuk anak di usia 1 tahun ini makanannya sudah berbentuk makanan orang dewasa, atau makanan keluarga seperti apa yang kita makan dengan porsi kecil dan sering, yaitu 3 kali makan utama ditambah dengan 2 kali selingan berupa buah.

Scroll untuk melihat berita

Untuk anak anak di atas 2 tahun biasanya sudah mengalami masalah masalah nafsu makan dan juga mungkin memilih-milih makanan oleh karena itu salah satu tips nya adalah saat sejak kecil dikenalkan MPASI usia 6 bulan ke atas itu jangan lupa berikan secara bergantian, berbagai variasi makanan terutama sayur, karena kalau anak sejak kecil tidak dikenalkan sayur maka saat besar saat mereka membutuhkan sumber sumber zat gizi mikro, mineral, dan vitamin dari sayuran, maka dia tidak akan terbiasa makan makanan tersebut.

Maka dari itu tipsnya adalah sejak kecil sejak saat mereka sudah dikenalkan MPASI,dan jangan lupa ditambahkan sayur dalam pembuatan MPASI nya nantinya akan sangat membantu saat besar,dan anak tidak akan menolak sayur kalau dia sejak kecil sudah dikenalkan sayur- sayuran.

5. Trik kepada anak yang mulai menolak makanan.

Dan berikut adalah trik yang biasanya dihadapi para orang tua yang anaknya suka menolak makan, hindari pemberian makanan selingan atau snack satu jam sebelum makan utama, itu penting sekali terutama makanan makanan yang manis.

Jangan sampai diberikan satu jam sebelum makan, karena itu akan menggangu nafsu makan anak, contoh pemberian es krim, pemberian coklat, pemberian makanan makanan yang rasa rasa terlalu gurih, terlalu mengandung penambah rasa akan sangat mengganggu nafsu makan anak.

Sehingga anak akan berkurang asupan makannya gara gara cemilan yang tidak sehat dan diberikannya satu jam sebelum makan sebaiknya diberikan makanan selingan berupa buah, agar nafsu makan anak terjaga dengan baik.

6. Hati- hati anak peniru orang tua.

Tips yang berikutnya adalah contoh dari keluarga, jadi anak itu selalu meniru orang tuanya maka usahakan orang tua juga makan dengan porsi yang cukup, dan variasi makan dengan gizi yang seimbang yang saya sampaikan sesuai 5 unsur yang tadi yaitu makanan pokok, hewani, nabati, sayur, dan buah itu menjadi menu sehari hari di rumah.

Jadi jangan sampai ketinggalan menu tersebut, sehingga anak akan terbiasa makan seimbang seperti kedua orang tuanya .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *