Opini

Pentingnya Asupan Gizi pada Bayi Sampai Balita

193
×

Pentingnya Asupan Gizi pada Bayi Sampai Balita

Sebarkan artikel ini
Gizi
Annas Buanasita

Bayi atau usia anak di bawah dua tahun masih sangat membutuhkan asupan air susu ibu (ASI) atau juga susu formula (SUFOR) yang cocok untuk bayi dan menginjak 6 bulan akan diperkenalkan makanan pendamping ASI (MPASI).

Anak di usia ini rentan sekali kesehatannya. Anak di bawah lima tahun atau balita merupakan rentang usia manusia dimulai dari dua tahun sampai lima tahun, dan perkembangan fisik di usia balita ini sangat cepat karena mereka menggunakan banyak energi untuk bergerak.

Di sini sebagai orang tua sangat dianjurkan untuk memberikan asupan makanan yang bergizi, guna tumbuh kembang anak di usia yang bisa dikatakan golden age ini.

Berikut beberapa tips yang harus kita lakukan pada pemenuhan gizi pada bayi sampai balita:

1. Prinsip pemberian makan pada porsi kecil tapi sering.

Disesuaikan dengan kelompok umur, untuk itu anak anak perlu makan lebih dari 3 kali sehari biasanya makanannya adalah 3 kali makanan utama ditambah 2 kali selingan, atau kurang lebih 5 kali dalam sehari.

Untuk anak di bawah usia 2 tahun, maka dia masih membutuhkan ASI untuk pemenuhan kebutuhan gizinya, terutama untuk anak anak di bawah 6 bulan.

2. Pemberian ASI untuk bayi dan balita di bawah 2 tahun.

Jadi kalau kita bicara pemberian gizi seimbang pada anak terutama pada bayi maka kita bicara tentang dua hal yaitu tentang ASI dan MPASI.

ASI dan MPASI itu diatur sesuai kelompok umur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

demokrasi
Opini

Oleh: Hadi Prasetya (*) Ketika kualitas proses demokrasi…