Opini

Pendidikan Harus Menyesuaikan Perkembangan Zaman

138
×

Pendidikan Harus Menyesuaikan Perkembangan Zaman

Sebarkan artikel ini
Pendidikan

oleh : Sam Edy Yuswanto

Pendidikan adalah suatu hal penting yang harus selalu menjadi prioritas di negeri ini. Tanpa pendidikan yang memadai dan layak, rasanya sangat sulit negeri ini akan mengalami perkembangan dan kemajuan.

Scroll untuk melihat berita

Tanpa pendidikan yang bagus dan berkualitas, tentu kita akan mengalami ketertinggalan dengan bangsa lainnya.

Tentu saja, pendidikan dengan kualitas yang baik tidak lahir dalam sekejap mata. Tidak bisa dilakukan secara instan. Melainkan harus melewati sederet proses, pembenahan atau perbaikan dari tahun ke tahun, dan menambah beragam metode baru dengan menyesuaikan perkembangan zaman.

Pendidikan sebagai usaha membina dan mengembangkan pribadi manusia, aspek rohaniah dan jasmaniah, juga harus berlangsung secara bertahap.

Oleh karena itu, suatu kematangan yang bertitik akhir pada optimalisasi perkembangan/pertumbuhan, baru dapat tercapai bilama berlangsung melalui proses demi proses ke arah tujuan akhir perkembangan atau pertumbuhannya (silabus.web.id).

Menyesuaikan dengan Perkembangan Zaman

Ketika zaman semakin maju dan berkembang, secara otomatis metode pendidikan juga harus berusaha menyesuaikannya.

Beragam kecanggihan teknologi yang bisa kita nikmati saat ini, juga berdampak pada metode atau sistem pendidikan yang ada. Artinya, pendidikan di negeri ini mau tak mau harus memanfaatkan teknologi sebagai sarana penunjang pendidikan.

Bisa disimpulkan, transformasi teknologi dalam dunia pendidikan adalah hal yang niscaya. Ima Surya dalam tulisannya (digitalbisa.id, 26/2/2022) menyatakan, secara umum, transformasi digital dalam pendidikan bermakna mendigitalkan proses dan produk layanan pendidikan untuk meningkatkan pengalaman pembelajaran bagi semua pihak yang terlibat.

Di Indonesia, transformasi teknologi dalam dunia pendidikan juga sudah diterapkan dengan cukup baik. Luky Maulana Firmansyah dalam tulisannya (fortuneidn.com, 30/9/2022) menjelaskan bahwa Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, menceritakan peran teknologi digital sanggup mendorong transformasi pendidikan RI. Menurutnya, aplikasi digital yang dikembangkan kementeriannya saat ini telah mendorong pemerataan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *