Opini

Pelanggaran Lalu Lintas Dimulai dari Orang Tua

163
×

Pelanggaran Lalu Lintas Dimulai dari Orang Tua

Sebarkan artikel ini
pelanggaran

Orangtua melanggar lampu lalu lintas saat kondisi sepi meski traffic light berwarna merah mereka akan menerobos. Bila tempat tujuan terlalu jauh berputar balik, mereka akan melawan arah.

Memarkir kendaraan roda empat di badan jalan. Orangtua melakukan pelanggaran lalu lintas ketika bersama dengan anak-anak. Banyak orangtua tidak menduga bahwa saat mereka melakukan pelanggaran lalu lintas, anak-anak melakukan pengamatan dan orangtua menjadi model.

Scroll untuk melihat berita

Terjadilah proses belajar melalui modeling. Pada proses belajar ini, anak-anak akan memperhatikan atau mengamati orangtua saat melakukan pelanggaran. Hasil pengamatan ini akan disimpan dalam memori baik secara visual ataupun secara verbal.

Suatu saat, ketika dalam kondisi yang sama, anak-anak akan menampilkan perilaku pelanggaran lalu lintas, dengan harapan mendapatkan keuntungan seperti yang didapatkan orangtuanya saat melakukan pelanggaran lalu lintas.

Gambaran yang dapat ditangkap dari pola berpikir anak-anak adalah ingin cepat sampai, sepi, agar tidak lelah, maka akan melanggar lalu lintas seperti yang dilakukan ayah atau ibu (orangtua).

Nah, kalau seperti ini, sudah jelas peran orangtua sebagai penyebab perilaku pelanggaran lalu lintas yang dilakukan anak-anak.

Tidak semua anak-anak melakukan pelanggaran lalu lintas karena orangtuanya melakukan pelanggaran, namun kita harus mewaspadi perilaku pelanggaran yang dilakukan anak-anak karena orangtuanya sebagai role model Mengapa?

Karena perilaku seperti ini biasanya memiliki kecenderungan akan diteruskan ke generasi berikutnya (transgenerational). Fenomena ini menjadi tanggung jawab bersama dan semoga tulisan ini memberikan manfaat.

oleh : Ratna Dewi (*)

(*) Penulis adalah mantan Kasi SMA Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur Wilayah Lumajang Jember.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya tanggung jawab penulis dan tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi beritabangsa.com

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *