Terpilih Jadi Desa Cantik, Wabup Irwan Berharap Desa Penambangan Jadi Contoh di Bondowoso

Beritabangsa.com, Bondowoso – Desa Penambangan Kecamatan Curahdami terpilih menjadi Desa Cantik (Cinta Statistik) oleh BPS Pusat dari 100 Desa se Indonesia, sedangkan untuk tingkat Jawa Timur ada 6 Desa salah satunya yakni Desa Penambangan.

Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat menyebutkan bahwa Desa sadar statistik tersebut merupakan program nasional menjadi satu Indonesia.

Bacaan Lainnya
banner 1024x1453

“Di Bondowoso sendiri sudah menjadi program kami membangun satu data melalui desa. Sehingga proses perencanaan pembangunan itu betul-betul berbasis masyarakat,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Senin (12/4/2021).

Berita Menarik Lainnya:  Lamanya Pembuatan e-KTP Bangkalan, Ini Penjelasan Kadispendukcapil

Selain itu, kata Irwan, dalam memperkuat data di Indonesia dengan program Desa Cinta Statistik yang nantinya akan dilakukan edukasi oleh BPS, disetiap Desa bisa mengumpulkan, menganalisa dan mentabulasi data.

“Bukan hanya Desa Penambangan yang terpilih sebagai desa cantik, nanti desa-desa yang lain harus juga cinta statistik. Karena ini merupakan satu kebutuhan kita dalam proses perencanaan pembangunan, utamanya di Kabupaten Bondowoso,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Penambangan, Martha Sprihastini usai kegiatan Pengukuhan dan Peninjauan Desa Cinta Statistik mengatakan, Desanya menjadi satu-satunya di Bondowoso yang terpilih menjadi Desa Sadar Statistik.

Berita Menarik Lainnya:  Kampanye Penggunaan Masker, Polres Bondowoso Bagikan 10 ribu Masker Pada Sejumlah Komunitas

“Iya, Desa kami menjadi satu-satunya di Kabupaten Bondowoso,” katanya.

Untuk memudahkan kinerja di Desanya, kata Merta, BPS Jatim akan membantu pihaknya dalam memfasilitasi pengolahan data di Desa Penambangan yang sesuai dengan kategori statistik.

“Tujuannya mungkin suatu saat, kegiatan pembangunan, bantuan atau pun hal yang lain, bisa tetap sesuai sasaran, bisa nyambung dengan potensi yang ada didesa” katanya.

Perlu diketahui, bahwasanya ada beberapa inovasi di Desa Penambangan Kecamatan Curahdami ini, yakni diantaranya Tiang Pintar yang merupakan bidang keamanan masyarakat. Yang berada salah satu sudut yang rawan.

Berita Menarik Lainnya:  Ratusan Santri Ponpes Al Hidayah Gelar Rapid Test

Dimana Tiang Pintar tersebut telah dilengkapi dengan surya panel, CCTV dan bolham emergency.

Selain itu inovasi yang lain ialah, Rumah Edukasi yang terletak di Dusun terpencil, namun telah dilengkapi dengan jaringan internet dan perpustakaan mini.

Yang mana rumah edukasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat untuk bisa melangsungkan kegiatan belajar dan mengajar.

Tak hanya itu, Pemerintah Desa Penambangan Kecamatan Curahdami ini pun memfasilitasi jaringan internet secara gratis yang telah tersebar di setiap dusun. Dan inovasi lainnya, seperti Aplikasi Pintar.

Reporter : Muslim
Publisher : Ali Wafa

banner 1024x1280

Pos terkait

banner 1024x697

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *