Terkini

Viral Pengemudi Pajero Minta Pungli PJR Dikembalikan

49
×

Viral Pengemudi Pajero Minta Pungli PJR Dikembalikan

Sebarkan artikel ini
Pengemudi Pajero da petugas yang sedang viral

BERITABANGSA.COM-SURABAYA – Viral video pengemudi mobil Pajero sport meminta balik uang pungli polisi, dan sempat viral di sosial media.

Video berdurasi 2 menit 19 detik ini menggambarkan kejadian di dekat pintu toll Lebani Gresik pada Sabtu (3/9/2022).

Scroll untuk melihat berita

Dalam video tersebut, seorang pria berkaos hitam yang juga pengemudi mobil Pajero Sport, sempat cekcok dan mengetuk pintu mobil PJR. Dia meminta pertanggungjawaban karena telah memungut uang Rp.500.000, kepada pengendara truk.

“Bapak tadi minta uang Rp500.000 ya. Ayo buka pintu mobil Pak,” kata pria ini.

“Ada apa Pak, tidak ada tilang Rp500.000,” jawab Brigadir Safarudin petugas polisi jalan raya (PJR) setelah keluar dari mobil.

Terkait peristiwa ini, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi Dirmanto membenarkan insiden yang menuduh anggota polisi jalan raya (PJR) melakukan pungli pada Sabtu (3/9/2022).

Video yang beredar sempat viral di sosial media (Sosmed), yang menuduh PJR menurutnya tidak benar.

Dirmanto menjelaskan, pria yang merekam video merupakan sopir pikap bernama Palguna Adi Wicaksono, 19 tahun, warga Balung Bendo, Sidoarjo. Surat tanda nomor kendaraan (STNK), pajak kendaraan mati, dan tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM). Serta tidak memiliki KIR

“Kemudian anggota kami membawa ke pos polisi terdekat,” kata Dirmanto kepada beritabangsa.com, Senin (5/9/2022).

Dalam unggahan video itu anggota polisi disebut-sebut melakukan pungli Rp500 ribu, padahal faktanya berbeda.

Saat di kantor polisi, Dirmanto menyebut ada Pajero Sport yang dikemudikan pria berkaos hitam dan berkacamata hitam menerobos akses khusus petugas tol diminta untuk kembali.

“Pengemudi Pajero tersebut, merasa dilarang mencoba memprovokasi pengemudi pikap yang ada di kantor polisi untuk memviralkan dan merekam video dengan berdalih dimintai uang oleh petugas,” terangnya.

Petugas saat itu tidak menghiraukan kepada pengemudi Pajero dan tetap menjalankan tugas patroli karena tidak merasa minta uang kepada pengemudi mobil pikap tersebut.

“Anggota polisi sudah benar saat bertugas, tapi masyarakat tidak memahami kesalahannya,” ujarnya

Pengemudi pikap yang sebelumnya ditilang juga telah memberikan kesaksian dan peryataan tentang perilaku pengemudi Pajero Sport yang sempat viral tersebut.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *