Terkini

TPFKMS Ungkap 12 Temuan Tragedi Kanjuruhan

153
×

TPFKMS Ungkap 12 Temuan Tragedi Kanjuruhan

Sebarkan artikel ini
TPFKMS
Terlihat dua mobil polisi rusak parah usai laga Arema vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan Malang. Sabtu (1/10/2022)

BERITABANGSA.COM-PASURUAN– Tim Pencari Fakta Koalisi Masyarakat Sipil (TPFKMS) yang terdiri dari LBH Pos Malang, LBH Surabaya, YLBHI, Lokataru, IM 57+ Institute dan Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) mengungkap ada 12 temuan awal terkait tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang yang telah mengakibatkan 131 korban meninggal.

Tim Pencari Fakta Koalisi Masyarakat Sipil memaparkan hasil investigasi selama tujuh hari lebih mendapatkan temuan tindak kekerasan yang dilakukan secara sengaja dan sistematis dalam tragedi Kanjuruhan Malang.

Scroll untuk melihat berita

“Masyarakat masih dalam keadaan berduka, meski demikian mereka terus menuntut kebenaran dan keadilan untuk menyerukan pengusutan secara tuntas kasus ini melalui spanduk yang terpasang di berbagai sudut di Malang Raya,” papar TPFKMS (Tim Pencari Fakta Koalisi Masyarakat Sipil) dalam siaran persnya. Minggu (9/10/2022).

Selain itu, Koalisi Masyarakat Sipil menduga timbulnya ratusan korban jiwa akibat dari efek gas air mata yang digunakan oleh aparat kepolisian.

“Saat proses investigasi, kami bertemu dengan sejumlah saksi, korban dan keluarga korban dengan kondisi ada yang mengalami gegar otak, luka memar bagian muka dan tubuhnya, ruam merah pada muka, hingga trauma yang berat akibat peristiwa kekerasan yang telah terjadi,” imbuhnya.

Berikut 12 temuan Tim Pencari Fakta Koalisi Masyarakat Sipil:

1. Bahwa pada saat pertengahan babak kedua, terdapat mobilisasi sejumlah pasukan yang membawa gas air mata, padahal diketahui tidak ada ancaman atau potensi gangguan keamanan saat itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *