Terkini

Soal Kenaikan Biaya Haji, MUI Kota Probolinggo Nilai Wacana itu Memberatkan

68
×

Soal Kenaikan Biaya Haji, MUI Kota Probolinggo Nilai Wacana itu Memberatkan

Sebarkan artikel ini
Haji
Ilustrasi Haji

BERITABANGSA.ID- PROBOLINGGO – Wacana kenaikan biaya ibadah haji yang diusulkan menjadi Rp69 juta, dinilai berbagai pihak memberatkan. Hal itu juga disampaikan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Probolinggo.

MUI Kota Probolinggo menilai, biaya tersebut terlalu tinggi sehingga dinilai bisa memberatkan para calon jamaah haji. Atas hal itu, alangkah baiknya biaya itu tidak terlalu memberatkan.

“Saya kira wacana tersebut perlu dipertimbangkan lagi, agar biayanya tidak terlalu tinggi. Apalagi masyarakat juga baru bangkit dari pandemi Covid-19, ” jelas Ketua MUI Kota Probolinggo, KH Nizar Irsyad, Sabtu (28/01/2023).

Pihaknya menilai, biaya tersebut dianggap terlalu tinggi jika dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sehingga, atas wacana tersebut perlu kajian lebih dalam.

Pihaknya juga mendorong agar Kemenag juga bisa belajar dari pengelolaan haji dari negara-negara lain. Misal seperti Malaysia, termasuk soal transparansi diman saat ini biaya haji sekitar Rp25 juta.

Pihaknya juga menilai masyarakat mempertanyakan biaya haji Rp25 juta padahal ini sudah belasan tahun. Yakni, bagaimana pengelolaan dan bentuk transparansinya.

Seperti diketahui, Pemerintah melalui Kementerian Agama mengusulkan biaya haji 2023 sebesar Rp98,89 juta. Dari jumlah ini yang harus ditanggung jamaah menjadi Rp69,19 juta.

Nilai ini melonjak tajam dari posisi 2022. Tahun lalu, biaya yang ditanggung jamaah haji hanya Rp39,88 juta.

Pada biaya haji 2022, jamaah dibebankan ongkos sebesar Rp39,88 juta (40,54 persen). Sedangkan sisanya Rp58,49 juta (59,46 persen), diambil dari hasil pengembangan BPKH.

Sementara usulan Kemenag untuk Haji 2023, jamaah menanggung 70 persen atau sebesar Rp69,19 juta, sedangkan dana dari BPKH dikurangi menjadi hanya sebesar 30 persen atau sebesar Rp29,7 juta.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *