PJT I dan PJB Kerjasama Dirikan PLTS Terapung

Dirut PJT I, Raymond Valiant Rutitan
Dirut PJT I, Raymond Valiant Rutitan, dalam acara cangkrukan makan siang di Restoran Bebek Goreng Harissa

BERITABANGSA.COM-SURABAYA- Perum Jasa Tirta (PJT) I akan bekerjasama dengan Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) untuk mendirikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) secara terapung.

Hal itu diungkapkan, oleh Dirut PJT I, Raymond Valiant Rutitan, dalam acara cangkrukan makan siang di Restoran Bebek Goreng Harissa, Senin (18/7/22).

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Diciduk Polda Jatim, Berikut Jabatan yang Pernah Diemban Kapolsek Sukodono
banner 1024x1453

“Kami sudah bertemu. Direksi PT PJB, yang diwakili oleh Dirut Gong Matua Hasibuan, dan Direksi PT PJT I diwakili oleh saya sendiri, untuk bertemu membicarakan bagaimana ke depannya mendirikan PTSL terapung,” jelasnya.

Hari ini, pihak PJT I dan PJB tinggal menunggu penugasan saja. Karena 2023 mulai pengerjaan dan harus bisa COD di 2024. Diharapkan di Indonesia lebih banyak mengambil energi.

“PLTS sendiri dayanya sebesar 100 Mega Watt di siang hari, di malam hari dari PLTA sebesar 150 Mega Watt. Karena di siang hari, dipasok dari tenaga matahari,” imbuhnya.

Berita Menarik Lainnya:  2 Pria Tewas di Sawah Ditemukan Petani Balongdowo, Simak Penyebabnya

Di samping membutuhkan biaya banyak, PT PJT I dan PT PJB sedang mencari investor atau konsumen yang benar-benar memerlukan.

“Biaya yang dibutuhkan sebesar 1,3 triliun hingga 1,6 triliun. Kami sepakat melelang dan mencari investor, terutama di negara-negara luar Indonesia,” tutur Dirut PJT I Malang.

Lebih lanjut, pihaknya menginginkan PLTS terapung didirikan di atas sungai, kemungkinan bulan Agustus PT PJT I mensurvey sungai-sungai untuk membangun PLTS terapung.

Berita Menarik Lainnya:  Gegara Film KKN Desa Penari, Mahasiswi di Bioskop Probolinggo Ini Jadi Begini

Untuk di Sutami, lahannya sudah ada PLTA dengan tenaga sebesar 150 Mega Watt, tapi perlu tambahan belt ini 110 Mega Watt dia bisa berkontribusi lebih banyak.

“Kami berharap, PLTS terapung yang sedang dikerjakan saat ini menjadi yang pertama di Indonesia. Karena kita sedang berlomba dengan Jawa Tengah,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

banner 1024x1280

Pos terkait

banner 1024x697

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *