Penggantian Sekretaris Komisi A Diniliai Cacat Prosedur

Komisi A
Warih Andono Anggota DPRD Sidoarjo Fraksi Golkar.

BERITABANGSA.COM-SIDOARJO – Warih Andono anggota DPRD Sidoarjo dari Fraksi Golkar menilai pergantian jabatan Sekretaris Komisi A dari dirinya kepada Nurhendriyati Ningsih (Nasdem-Demokrat) dinilai cacat prosedur atau tidak sesuai tata tertib DPRD Sidoarjo.

Perubahan secara mendadak itu disinyalir dilakukan setalah adanya lobi-lobi di tingkat fraksi-fraksi.

Bacaan Lainnya
banner 1024x1023

Warih menilai bahwa pemilihan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dilakukan dari dan untuk anggota komisi yang dituangkan berita acara dan diumumkan dalam rapat paripurna.

Berita Menarik Lainnya:  Atasi Rendahnya Mutu Literasi, NU Circle Kembangkan Sinergi Penta-helix

Sesuai dengan tatib DPRD Sidoarjo pasal 41 poin 5, disebutkan ketua, wakil ketua dan sekretaris, dipilih dari dan oleh anggota komisi untuk dilaporkan dalam rapat paripurna.

“Jadi sesuai prosedur di tatib, harus ada rapat terlebih dahulu di komisi. Jika tidak ada rapat yang dituangkan dalam berita acara, maka tidak sah,” kata Warih Andono saat dihubungi wartawan via telepon pribadinya, Kamis (21/04/2022)

Berita Menarik Lainnya:  Kurang 8 Hari, Daop IX Jember Periksa Sarpras Kereta Api Jelang Masa Angleb 1443 H

Sebenarnya, politisi senior asal Waru itu tidak mempermasalahkan rotasi jabatan dalam AKD. Hanya saja yang ia inginkan, prosesnya sesuai tata tertib DPRD Sidoarjo.

“Kalau saya ngak masalah (ada perubahan posisi komisi) tapi prosedurnya harus benar. Berdasarkan tatib DPRD, harus ada rapat komisi kembali untuk merubahnya,” ungkapnya.

Ini Komposisi AKD DPRD Sidoarjo

Komisi A, Ketua Dhamroni Chudlori (PKB), Wakil Ketua A. Haris (PAN) dan Sekretaris Warih Andono (Golkar) yang digantikan Nurhendriyati Ningsih (Fraksi Gabungan NasDem-Demokrat)

Komisi B, Ketua Bambang Pujianto (Gerindra) Wakil Ketua Sudjalil (PDIP) dan Sekretaris Arief Bachtiar (Golkar).

Berita Menarik Lainnya:  Wartawan Bojonegoro Bersatu Bukber dan Santuni Anak Yatim Piatu

Komisi C, Ketua Suyarno (PDIP), Wakil Ketua Anang Siswandoko (Gerindra) dan Sekretaris M. Rojik (PKB)

Komisi D, Ketua Abdillah Nasih (PKB) Wakil Ketua Kasipah (PDIP) dan Sekretaris Bangun Winarso (PAN)

Bapemperda dipimpin Sudjalil (PDIP) kini berpindah tangan ke Adhy Samsetyo (PAN) dengan Deny Haryanto (PKS). Kini Sudjalil duduk di posisi Wakil Ketua Komisi B.

Sedangkan Badan Kehormatan (BK) DPRS Sidoarjo sebelumnya dipegang M Nizar (Golkar), sekarang dipimpin Ainun Jariyah (PKB).

banner 600x310

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *