Terkini

Lindungi Kekayaan Intelektual Pemprov Jatim Raih Penghargaan Kemenkumham RI

98
×

Lindungi Kekayaan Intelektual Pemprov Jatim Raih Penghargaan Kemenkumham RI

Sebarkan artikel ini
KI

Sementara itu, indikasi geografis yang terdaftar Jatim sendiri antara lain Kopi Java Ijen Raung, Bandeng Asap Sidoarjo, Kopi Hyang Argopurp, Kopi Robusta Pasuruan, Kopi Arom Langit Pasuruan.

Sementara, produk yang masih dalam proses pendaftaran yaitu Mangga Putar Pasuruan, Kopi Excelsa Jombang, Kopi Robusta Java Raung Gumitir Jember, Kopi Robusta Java Argopuro Jember.

Scroll untuk melihat berita

Menurut Khofifah, pengadaan KI untuk setiap merek dagang UMKM menjadi penting. Sebab, UMKM merupakan backbone ekonomi Jatim bahkan di tengah krisis pandemi Covid-19.

“Kita tahu kalau UMKM inilah yang membangkitkan ekonomi di Jatim. Karena UMKM berkontribusi sekitar 57,81% pada PDRB daerah. Makanya kita fokus ke KI untuk memberikan perlindungan hukum untuk mereka,” jelas mantan Menteri Sosial RI itu.

Sementara itu, Menteri Yasonna, mengatakan, salah satu yang perlu diperhatikan untuk memulihkan ekonomi adalah soal proteksi atas karya dan inovasi melalui pelindungan KI, baik itu hak cipta, merek, paten, desain industri, indikasi geografis, maupun KI yang bersifat komunal.

“Saat ini, baru sekitar 11 persen dari pelaku UMKM yang telah terdaftar atau terlindungi KI-nya dari jumlah kurang lebih 64 juta pelaku usaha UMKM. Dengan terbukanya jangkauan pasar UMKM baik di nasional maupun mancanegara melalui platform digital, maka proteksi atas karya dan inovasi wajib untuk dilindungi melalui KI,” ungkap Yasonna.

Selain Pemprov Jatim, Universitas Negeri Malang dan Universitas Negeri Surabaya menerima penghargaan untuk kategori Perguruan Tinggi dengan sepuluh besar terbanyak jumlah permohonan hak cipta selama 2020-2022.

Tak hanya itu, Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang juga menerima penghargaan untuk kategori Perguruan Tinggi dengan sepuluh besar terbanyak jumlah permohonan paten selama 2020-2022.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *